Take a fresh look at your lifestyle.

RS Mitra Siaga Tegal Gelar Seminar Tentang Pengaruh Gadget Kepada Anak

172

TEGAL – Dalam rangka mengurangi dampak negatif dari gadget pada anak, Rumah Sakit (RS) Mitra Siaga Tegal menggelar seminar awam di Ballroom Premier Hotel Tegal, Sabtu (14/12). Kegiatan tersebut menghadirkan dua nara sumber yaitu dokter Abdal Hakim dan dokter Dewi Awaliyah Ulfa serta diikuti sekitar 60 orang peserta dari berbagai kalangan.

Menurut Manager Pemasaran RS Mitra Siaga Tegal yang juga selaku ketua panitia kegiatan, Affan Fathor, dalam kesempatan tema seminar yaitu gadget dan tumbuh kembang anak. “Seminar awam ini ditujukan khusus kepada para orang tua karena banyak pasien anak dengan kasus yang disebabkan oleh gadget di RS Mitra Siaga,” katanya.

Pihaknya berharap melalui seminar tersebut dapat mengurangi dampak negatif dari gadget pada anak karena kebanyakan orang tua sangat mudah memberikan gadget kepada anak tanpa batasan waktu. Hal itu yang menyebabkan anak menjadi kecanduan. “Apabila sudah kecanduan gadget sangat mengganggu proses tumbuh kembang anak,” tegasnya.

Sementara, Manager Pelayanan dan Penunjang Medis RS Mitra Siaga Tegal, dokter Tasia Deastuti menambahkan, kegiatan seminar selama ini rutin diadakan dan dengan tema selalu berganti-ganti disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam kesempatan itu, nara sumber dokter Dewi Awaliyah Ulfa menjelaskan, pengaruh yang ditimbulkan karena kecanduan gadget pada anak antara lain, menurunnya konsentrasi, malas belajar, terlambat berbicara dan anak menjadi hiperaktif.

Sedangkan, nara sumber dokter Abdal Hakim dalam paparannya menjelaskan para orang tua harus memiliki pengetahuan tentang tahapan perkembangan motorik anak dan cara merangsang perkembangan motorik anak yang normal sesuai usia. Dengan demikian, perkembangan anak bisa normal seperti yang diharapkan. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA