Take a fresh look at your lifestyle.

Rp 200.000/ Bulan, Bantuan Sosial Pemkab Brebes Mulai Dicairkan Rabu Besok

1.010

BREBES – Bantuan sosial bagi masyarakat terdampak virus korona (Covid-19) dari Pemkab Brebes akan mulai dicairkan Rabu (20/5) besok. Bantuan itu diberikan dalam bentuk uang tunai, dan setiap penerima mendapatkan Rp 200.000 per bulan, selama tiga bulan.

“Dari hasil rapat koordinasi, bantuan sosial dari Pemkab Brebes akan mulai kami salurkan pada Rabu (18/5). Nanti bantuannya berupa uang tunai,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Brebes, Djoko Gunawan yang juga Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Brebes, Senin (18/5).

Dia mengatakan, bantuan bagi masyarakat terdampak pendemi covid-19 itu, sasaranya meliputi warga kurang mampu yang tidak menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT). Kemudian, pelaku UMKM yang terdampak, para buruh atau pekerja yang terdampak. Setiap penerima akan mendapatkan bantuan uang Rp 200.000 per bulan, selama tiga bulan. Yakni, mulai bulan Mei, Juni dan Juli. “Sesuai hasil pendataan, total penerima bantuan ini ada sebanyak 43.775 kepala keluarga, ditambah 2.173 untuk jaring pengaman ekonomi,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sistem pencairannya nanti akan melalui dua bank milik Pemkab Brebes. Yakni, Bank Brebes dan BPR/BKK Banjarharjo. Pencairan dilaksanakan melalui kantor unit kedua bank daerah tersebut, yang tersebar di 17 kecamatan. Namun untuk memudahkan prosesnya, pencairan juga akan dilakukan dengan meminjam kantor balai desa. Itu untuk mendekatkan jarak bagi masyarakat. “Lantaran terbentur aturan perbankan, proses pencairan ini bisa hingga setelah Lebaran.Tapi yang jelas akan dimulai Rabu besok,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA