Take a fresh look at your lifestyle.

Ribuan Mahasiswa Demo di Gedung DPRD Kota Tegal

166

TEGAL – Ribuan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Tegal menggelar demo di depan Gedung DPRD Kota Tegal Selasa (24/9). Unjuk rasa tersebut mereka lakukan sebagai bentuk penolakan terhadap revisi Undang – Undang (UU) KPK dan RKUHP.

Dalam kesempatan itu, massa yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Kota Tegal dan sekitarnya menggelar aksi secara damai. Namun, tiba-tiba nyaris ricuh saat sejumlah peserta aksi mencoba menerobos barikade aparat kepolisian untuk masuk ke dalam Gedung DPRD. Oleh petugas akhirnya bisa diredam dan massa kembali tenang.

Menurut koordinator lapangan aksi, Irvan Marsetyawan, mahasiswa meminta DPRD Kota Tegal agar mendorong DPR RI untuk membatalkan revisi KUHP yang mengarah kepada pengebirian demokrasi, campur tangan urusan privat warga negara dan diskriminasi perempuan. “Kami menolak RKUHP dijadikan sebagai alat kepentingan politik. Kami juga menuntut DPRD Kota Tegal untuk menyuarakan percepatan judicial review revisi UU KPK ke MK,”tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga menuntut DPRD Kota Tegal untuk selalu menjalankan kewajibannya sebagai wadah aspirasi masyarakat. Namun, harapan para peserta aksi untuk bisa bertemu langsung dengan pimpinan DPRD untuk menyampaikan aspirasi tidak terwujud. Sebab, pimpinan DPRD tidak ditempat sehingga hanya ditemui perwakilan anggota.

Perwakilan anggota DPRD, Rachmat Raharjo dihadapan para peserta aksi menyampaikan, pihaknya meminta maaf karena pimpinan DPRD tidak bisa bertemu langsung karena tidak ada di tempat. Meskipun demikian, aspirasi yang disampaikan secepatnya akan diteruskan kepada pimpinan DPRD agar bisa secepatnya bisa ditindaklanjuti.(Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA