Take a fresh look at your lifestyle.

Residivis Pembalak Kayu Jati di KPH Balapulang Diringkus

172

BALAPULANG – Perhutani KPH Balapulang kembali meringkus pelaku illegal loging, Januri (40) asal Desa Karangdawa Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal, Jumat (5/6). Residivis kayu itu kedapatan menjual kayu jati tanpa Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH) kepada Toni (53) warga RT 02 RW 01 Desa Bojong, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes.

Administratur KPH Balapulang Anton Fajar Agung Susetyo mengatakan, berdasarkan informasi dari masyarakat akan adanya angkutan kayu jati illegal, petugas yang di pimpin oleh Wakil ADM Sugeng Bowo Leksono terus mengembangkan informasi. Sekitar pukul 13 00, petugas menuju titik informasi di rumah Toni. Setiba di TKP, diketahui adanya tumpukan kayu jati gelondong sejumlah 5 batang.

“Dasar pengakuan Toni kayu didapat dari Januri residivis kayu asal Desa Karangdawa. Tidak selang lama, Januri datang di lokasi dan akhirnya petugas membekuknya,” terangnya.

Dijelaskan, sempat terjadi perlawanan saat diinterogasi. Namun, petugas yang terdiri dari Pabin Jagawana Ipda Suradi, Asper Margasari John Wahyudi, Kanit Reskrim Polsek Jatibarang Polres Brebes Iptu Subiyanto dan petugas dari KPH Balapulang Juli Kusnadi, berhasil mengamankan pelaku. Guna penyidikan 5 gelondong kayu jati dan dua terduga pelaku illegal loging di bawa ke kantor KPH Balapulang.

“Perhutani mengalami kerugian sejumlah Rp 4.847.821, kami akan terus mengusut tuntas pelaku illegal loging,” tegasnya.

Ditambahkan, pencurian kayu dinilai akan merugikan masyarakat di sekitar hutan. Pasalnya, progam Perhutani kelola sosial dari sharing kayu sebesar 25% akan diberikan ke masyarakat melalui LMDH. Jika hutan terus dicuri, maka sharing terhadap masyarakan akan semakin kecil. Selain itu, Perhutani juga memiliki program pinjaman lunak PKBL, pemanfaatan lahan di bawan tegakan, dan program CSR lainnya.

“Sebetulnya masyarakat desa hutan sudah menikmat, tapi jika hutan dicuri akan merugikan masyarakat sendiri,” ujarnya.

Kasus tersebut telah dilimpahkan Polres Brebes untuk dilakukan penegakan hukum terhadap dua pelaku tersebut. (Wiwit-red03)

BERITA LAINNYA