Take a fresh look at your lifestyle.

Relawan Gabungan Gelar Bersih Sungai Kemiri

TEGAL, smpantura.com – Ratusan relawan gabungan dari TNI Polri, BPBD, organisasi kemasyarakatan dan pemuda, bergotong royong membersihkan bantaran Sungai Kemiri, Sabtu (18/12).

Kegiatan yang diinisiasi Karang Taruna Raga Seto, Kelurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan.

Seperti diketahui bersama, wilayah Kecamatan Margadana, belakangan menjadi langganan banjir, akibat luapan Sungai Kemiri. Teranyar, pada akhir November 2021 lalu ratusan rumah terendam air dengan ketinggian yang bervariasi.

Wakapolres Tegal Kota, Kompol Zainal Arifin mengatakan, ratusan relawan dikerahkan untuk bergotong royong membersihkan sampah di Sungai Kemiri. Termasuk memotong pohon di tepi sungai.

“Setelah apel, tim kita bagi menjadi tiga. Untuk tim satu bertugas membersihkan sampah di bawah Jembatan Kemiri. Lalu tim dua membersihkan bantaran dan memotong pohon di pinggir sungai serta tim ketiga membersihkan sampah di pintu air,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kota Tegal, Ary Budi Wibowo menyebut, kegiatan yang melibatkan banyak pihak itu murni atas dasar kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.

Diharapkan, gotong royong membersihkan bantaran Sungai Kemiri itu dapat meminimalisir banjir akibat luapan sungai.

“Kami berharap, dapat dilakukan normalisasi Sungai Kemiri. Karena dari hasil tinjauan banyak terjadi pendangkalan. Terakhir kali normalisasi sungai terjadi pada tahun 2017 silam,” ucapnya.

Dari pantauan smpantura.com di lapangan, ratusan relawan yang terlibat dalam aksi bersih-bersih itu di antaranya, anggota TNI Polri, karang taruna, relawan NU Peduli, Banser, Ubaloka, BPBD, relawan IPSM, PSDA, relawan Baret, relawan RMB dan masyarakat setempat. (T03-red)

BERITA LAINNYA