Take a fresh look at your lifestyle.

Realisasi BLT Dana Desa di Brebes Masih Tunggu Hasil Pendataan

157

BREBES – Proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa di Kabupaten Brebes, hingga kini masih menunggu hasil pendataan calon penerima. BLT Dana Desa itu nantinya disalurkan bagi masyarakat miskin yang terdampak secara ekonomi akibat pendemi virus korona (Covid-19). Rencananya dana bantuan tersebut bisa disalurkan ke calon penerima secara tunai atau non tunai melalui rekening bank.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes, Subagya mengatakan, program BLT Dana Desa bagi masyarakat miskin yang terdampak virus corona belum bisa direalisasikan, Itu lantaran hingga saat ini di tingkat desa masih melaksanakan proses pendataan para calon penerima. “Belum bisa direalisasikan BLT Dana Desa ini. Sebab, sampai saat ini kita masih menunggu hasil pendataan calon penerima bantuan ini. Nantinya hasil pendataan dari tim di tingkat desa akan diserahkan ke kecamatan untuk diverifikasi,” terangnya, kemarin (28/4).

Sesuai aturan, jelas dia, BLT Dana Desa itu diberikan kepada masyarakat miskin dengan syarat di antaranya, tidak sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Kemudian, bukan penerima Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT), bukan penerima kartu pra kerja, dan bukan penerima BLT Kementerian Sosial (Kemensos). “Syarat ini yang harus dipenuhi. Bisa juga keluarga yang memiliki anggota keluarga sakit kronis atau sakit menaun atau keluarga yang terdampak akhirnya kehilangan mata pencaharian mengakibatkan miskin mendadak,” jelasnya.

Menurut dia, apabila mengacu intruksi Mendagri nomor 3 tahun 2020, terkait penanggulangan covid-19 di desa melalui anggaran pendapatan belanja desa, bantuan BLT bisa disalurkan secara tunai atau non tunai melalui rekening bank calon penerima. “Jadi, kalau sesuai aturan bisa disalurkan secara tunai atau non tunai. Setiap penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan,” tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, di samping masih menunggu proses pendataan di tingkat desa, belum bisa direalisasikan BLT Dana Desa tersebut, karena ada sebagian desa yang anggarannya masih dalam proses pencairan. Sementara hingga saat ini baru ada sebanyak 209 desa yang anggaran dana desanya sudah masuk ke Rekening Khas Desa (RKD). “Total desa di Brebes ini ada 292 desa, tapi hingga saat ini dana desa yang sudah masuk ke RKD baru 209 desa, dan ini yang siap dicairkan,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA