Take a fresh look at your lifestyle.

Puluhan Siswa SMPN 2 Brebes Digembleng Ilmu Jurnalistik

- Upaya Dorong Kemampuan Siswa Menulis

193

BREBES – Sebanyak 60 siswa di SMP Negeri 2 Brebes digembleng dalam pelatihan jurnalistik, kemarin. Langkah itu dilakukan pihak sekolah, sebagai upaya mendorong kemampuan para siswanya dalam menulis. Selain teori, dalam pelatihan itu para siswa juga langsung belajar untuk menulis sebuah berita yang baik dan benar.

Dua narasumber didatangkan dalam pelatihan, yang dilaksanakan di Aula SMP Negeri 2 Brebes tersebut. Yakni, Kabid Komunikasi dan Kehumasan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Brebes, Lusiana Indira Isni dan wartawan Suara Merdeka, Bayu Setiawan.

Kepala SMP Negeri 2 Brebes, Murtadho mengatakan, melalui pelatihan yang dilaksanakan tersebut, diharapkan dapat memberikan motovasi bagi siswa untuk menuangkan karya tulisnya. Tidak hanya berupa karya tulis yang serius, tetapi bisa juga berupa puisi maupun karya-karya fiksi. “Kalian tahu, salah satu perempuan terkaya di Inggris, JK Rowlings mendapatkan kekayaannya dari hasil menulis fiksi terkenal di dunia. Yakni, serial Harry Potter. Saya harap nantinya anak-anak dapat mengahsilkan karya-karya yang mendunia seperti ini. Untuk itu, seraplah ilmu-ilmu dalam dunia tulis-menulis antara lain dari kegiatan semacam ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Lusiana Indira Isni selaku salah satu narasuber berbagi pengalamannya yang telah akrab dengan dunia jurnalistik sejak duduk di bangku SMP. Ia juga berbagi ilmu dan tips terhadap peserta agar cepat mahir dalam menulis sebuah karya. Menurut Lusi, kunci sebuah kemahiran dalam profesi itu adalah berlatih. Dengan banyak berlatih menulis, maka hasil karya yang diperoleh akan semakin baik. “Ketrampilan menulis ini merupakan hal yang perlu terus diasah dengan latihan. Caranya, ya dengan banyak dan sering menulis. Bisa dengan mengisi mading, atau dikirimkan ke media massa. Terlebih, di sini (SMP Negeri 2 Brebes-red) telah memiliki media sendiri berupa majalah. Media ini harus dimanfaatkan sebagai ajang mengasah kemampuan siswa dalam dunia jurnalistik,” paparnya.

Selain memberikan motivasi, Lusi juga materi yang diberikan berupa motivasi anak untuk gemar menulis, teori menulis berita, bahasa jurnalistik dan sekaligus praktik membuat berita. Sementara pemateri lainnya, Bayu Setiawan memberikan materi mengenai tulisan berita laporan atau feature dan tulisan artikel.

(b.setiawan-red2)

BERITA LAINNYA