Take a fresh look at your lifestyle.

Puluhan Polisi Blusukan Ke Pasar-Pasar Untuk Bagikan Masker

137

KAJEN –  Jelang New Normal, anggota jajaran Polres Pekalongan terus rajin blusukan ke sejumlah tempat keramaian, termasuk pasar-pasar tradisional di wilayah Kabupaten Pekalongan. Hal itu dilakukan sebagai upaya kampanye penggunaan masker kepada masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan tersebut semata-mata untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Pekalongan. Adapun dipilihnya sasaran pasar-pasar tradisional, karena di tempat tersebut menjadi tempat bertemunya banyak orang setiap harinya.

“Seperti pagi tadi, puluhan polisi  baik dari personil Polres maupun Polsek membagikan masker kepada warga di Pasar Kajen dan Pasar Bojong, pada Senin (15/6). Di sela pembagian, petugas juga memberikan imbauan kepada para pedagang dan pengunjung pasar,” kata Kasubag Humas Polres Pekalongan AKP Akrom.

Ia mengatakan, beberapa imbauan yang disampaikan diantaranya agar tetap menjaga jarak aman dalam berinteraksi dengan orang lain (pshysical distancing) minimal 1 meter dan memakai masker. Selain itu  warga yang sudah selesai belanja agar langsung pulang dan membersihkan diri di rumah.

“Kalau keluar rumah, silakan pakai masker. Kalau keperluannya sudah selesai, silakan kembali ke rumah masing-masing, bersih-bersih dan cuci tangan. Sayangi keluarga dan jaga kesehatan,” himbaunya yang didampingi Bripka Neni.

Menurutnya kesadaran masyarakat untuk memakai masker masih kurang, untuk itu pihaknya akan terus mengingatkan terkait penggunaan masker guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

“Kami dari Polres Pekalongan telah mengantisipasi kerawanan sosial selama jelang pemberlakuan new normal. Di antaranya dengan melakukan patroli dialogis secara rutin maupun yang berskala besar dengan melibatkan unsur TNI dan Satpol PP. Saya meminta kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan seperti selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, serta melakukan physical distancing atau menjaga jarak minimal satu meter,” ajaknya.

Adanya aksi yang dilakukan Polres Pekalongan dan Polsek jajaran itu, disambut baik oleh warga yang ada di Pasar Kajen dan Pasar Bojong. Seperti diutarakan  salah satu pedagang di Pasar Bojong  yang merasa senang karena aparat kepolisian tidak hanya menyuruh pakai masker, tapi juga membagikan masker. “Saya senang,  karena bapak  dan ibu polisi tidak hanya menyuruh pakai masker, tapi juga membagikan masker kepada warga yang tidak memakai masker,” ujar Slamet. (Siti Masithoh/Red11)

BERITA LAINNYA