Take a fresh look at your lifestyle.

Pria Tua Tergeletak di Trotoar Kota Bumiayu, Warga Tidak Berani Mendekat

* RSUD Bumiayu Akan Lakukan Rapid Test

264

BUMIAYU- Seorang pria tua tiba-tiba tergeletak di trotoar Jalan Diponegoro Bumiayu, tepatnya di depan Toko Sumber Tani, Desa Kalierang, Kecamatan Bumiayu, Brebes, Kamis (23/4) siang.

Tidak ada warga berani mendekat memberikan pertolongan karena takut virus corona.“Saya ndak tau asal muasalnya bagaimana. Saya datang pria tua itu sudah tergeletak,” kata Sopan, salah seorang warga. Menurutnya, pria tua itu baru dievakuasi setelah pihak kepolisian, koramil, kecamatan dan petugas medis dari Puskesmas Bumiayu datang ke lokasi dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Kepala BLUD Puskesmas Bumiayu dr Ali Budiarto mengatakan, pihaknya menerima laporan kejadian pada pukul 14.15.”Sekitar pukul 14.30 petugas kami tiba di lokasi dan langsung melakukan evuakasi standar pasien level satu,” kata Ali.

Menurut Ali, pria tua tersebut berumur 60 tahun dan berasal dari wilayah Kecamatan Bantarkawung. Dengan semakin banyaknya pemudik dari zona merah ke wilayah Kabupaten Brebes, Ali meminta warga  untuk lebih disiplin menerapkan sosial dan physical distancing.

Pada bagian yang lain, Ali meminta Satgas Covid-19 Kabupaten Brebes mempertimbangkan rapid test dalam skala besar pada wilayah yang warganya terindikasi terpapar virus korona sesuai hasil rapid test yang sudah dilakukan sebelumnya. Meski hasil akhir ada pada tes swab, hal itu (rapid test) perlu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona sekaligus juga menurunkan rasa ketakutan di kalangan masyarakat bawah.

Kasi Pelayanan RSUD Bumiayu Wijayanto mengatakan, pasien telah ditangani di ruang isolasi IGD. Menurutnya, petugas medis akan melakukan rapid test kepada pasien.”Kami lakukan tindakan medis sesuai dengan SOP Covid-19. Jika hasil (rapid test) positif, kita isolasi ke ruang khusus penanganan Covid-19,” ujarnya.(Teguh Tribowo/red38)   

 

BERITA LAINNYA