Take a fresh look at your lifestyle.

Polwan, Kowad hingga Kowal Akan Turun Razia Warga Tak Bermasker

Hari Pertama New Normal

136

TEGAL – Era new normal resmi diberlakukan di Kota Tegal, usai jajaran Pemerintah Kota Tegal dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar apel terpadu di pelataran parkir sebuah pusat perbelanjaan, Sabtu (30/5) pagi.

Dengan ditandai deru sirine, Wali Kota Tegal dan Forkopimda menerapkan new normal selama kurang lebih 30 hari terhitung 30 Mei 2020 hingga 30 Juni 2020. Langkah ini diambil lebih awal dari rencana Pemerintah Pusat yang berlakukan pada 1 Juni, mengingat perlunya evaluasi mendalam.

“Akan ada evaluasi 1 Juni 2020 besok terkait penerapan new normal yang dilakukan hari ini. Kita lakukan lebih awal, karena memang hampir semuanya sudah dipersiapkan secara matang. Sebab, apa yang diarahkan Pemerintah Pusat selaras dengan kegiatan yang kita lakukan di Tegal setelah PSBB,” kata Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono.

Dalam penerapan new normal, setiap warga diwajibkan menggunakan masker di luar rumah. Untuk menyisir adanya pelanggaran, telah disiapkan kendaraan dan petugas yang akan melakukan patroli terpadu di setiap kecamatan.

Bahkan, para Polisi Wanita (Polwan), Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) dan Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) siap dilibatkan dalam patroli terpadu. Mereka juga dibekali masker yang diberikan gratis kepada warga yang didapati masih melanggar tidak menggunakan masker.

“Terkait sanksi, kita akan evaluasi dan kaji terlebih dulu. Apakah yang tidak bermasker ini akan dikenai denda atau cukup dikenakan sanksi sosial berupa menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan membaca Pancasila,” tegas Wali Kota. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA