Take a fresh look at your lifestyle.

PMI Pemalang Bantu APD ke Rumah Sakit

190

PEMALANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke RSUD Mas Ashari Pemalang. APD yang disalurkan antara lain 10 baju hazmat, 1000 sarung tangan latex serta 10 kantong jenazah.

“Dalam penanganan Covid-19, PMI Kabupaten Pemalang salurkan APD berupa baju hazmat sarung tangan latex serta kantong jenazah. Penyerahan dilakukan secara simbolis diserahkan oleh pengurus PMI,” ujar Agus Sulaiman mewakili Ketua PMI Kabupaten Pemalang, Abdul Kadir di RSUD M Ashari Pemalang, Rabu, (15/04/2020)

Ketua PMI Pemalang, Abdul Kadir mengungkapkan bahwa PMI Kabupaten Pemalang dalam penanganan Covid-19 melakukan berbagai upaya baik internal maupun eksternal. Salah satu upaya ekternal adalah menyalurkan APD untuk tenaga medis, selain disalurkan ke RSUD Mas Ashari. PMI juga menyalurkan 10 sepatu boot kepada RSI Al-Ikhlas Pemalang. Relawan PMI juga diterjunkan ke masyarakat untuk memberikan layanan seperti penyemprotan disinfektan, 127 lokasi fasilitas umum sudah dilakukan penyemprotan disinfektan, sebagian relawan PMI diarahkan untuk membantu tugas di posko terpadu untuk melayani para pemudik yang diwajibkan melalui pemeriksaan. Untuk layanan pada saat penanganan covid-19 diharapkan kepada relawan donor darah tidak takut, tetap rutin mendonorkan darahnya. Untuk pelayanan disesuaikan dengan protocol covid-19. Pihaknya upayakan donor darah langsung ke Gedung PMI Kabupaten Pemalang lebih aman dan nyaman.

“Untuk penanganan dampak covid-19 bagi masyarakat Kabupaten Pemalang, relawan PMI bersama relawan hanya memberi THK menggalang dana. Hasil yang terkumpul akan disalurkan ke warga kabupaten Pemalang dengan sasaran warga yang sangat membutuhkan,” imbuhnya.

Ia mengatakan, program donor darah ramadan, kemudian persiapan jelang puasa, Dimana biasanya stok darah turun dratis, oleh karena itu pengurus PMI membuat terobosan dengan menarik minat atau animo pendonor dengan memberikan bingkisan khusus berisi beras 2,5 kg, gula pasir, teh dan sirup. Ditargetkan 1500 paket yang akan dimulai 24 April sampai dengan 7 hari pasca Idul Fitri/Syawalan, target tersebut disesuaikan dengan jumlah kebutuhan darah setiap bulan sejumlah 1500 kantong atau 50 kantong per harinya. Kepada para Donor Darah Sukarela (DDS) diharapkan dapat berpartisipasidalam program donor darah bulan puasa agar kebutuhan darah di Pemalang dapat tercukupi. PMI optimis program terpenuhi berdasarkan pengalaman tahun lalu, program tersebut berhasil sukses, bahkan melampui target. (Joko Widodo/Red_03)

BERITA LAINNYA