Take a fresh look at your lifestyle.

PKM Brebes, Petugas Gabungan Bubarkan Kerumunan Warga

206

BUMIAYU- Petugas gabungan Covid-19 Kecamatan Bumiayu, membubarkan kerumunan warga di sejumlah lokasi, Sabtu (9/5) malam. Hal ini menyusul pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Kabupaten Brebes.

Sejumlah titik kerumunan yang dibubarkan diantaranya di Jalan Diponegoro, penyewaan playstation dan Lapangan Futsal di Jalan Bumiayu-Bantarkawung. Petugas dari unsur Polri, TNI, Tim Gugus Tugas Covid-19, Puskesmas dan Satgas BPBD Brebes Selatan, langsung menghentikan kegiatan warga di sejumlah lokasi tersebut. Mereka diberikan peringatan untuk selanjutnya diminta kembali ke rumah.

Camat Bumiayu Eko Purwanto mengatakan, pembubaran kerumunan merupakan bagian dari pelaksanaan PKM yang diterapkan Pemkab Brebes. Langkah ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus korona menyusul 17 kasus positif Covid-19. “Kami meminta warga untuk mematuhi anjuran pemerintah. Ini demi memutus penyebaran virus korona,” kata camat.

Menurut camat, ada sederet aturan yang diberlakukan dalam PKM. Diantaranya penghentian pelaksanaan kegiatan di sekolah dan atau institusi pendidikan lainnya, pembatasan kegiatan bekerja di tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan di rumah ibadah. Kemudian pembatasan kegiatan di tempat umum, pembatasan kegiatan sosial dan budaya, serta pembatasan pergerakan orang menggunakan moda transportasi.”Patroli gabungan akan terus kami lakukan agar PKM berjalan optimal,” ujarnya.

Selama pemberlakuan PKM, camat menambahkan, setiap orang wajib melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, atau cairan hand sanitizer setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, menggunakan masker di luar rumah dan melaksanakan pembatasan sosial dan physical distancing.”Kami minta masyarakat patuh demi kebaikan bersama,” ujarnya (Teguh Tribowo/red38)

BERITA LAINNYA