Take a fresh look at your lifestyle.

Petugas Berpakaian Khusus, Tangani Kecelakaan Lalu Lintas di Tegal

* Korban Diduga Positif Virus Corona

170

TEGAL – Sejumlah petugas medis berpakaian khusus, tertutup rapat di bagian wajah dan seluruh tubuhnya, terlihat tengah menangani seorang korban kecelakaan lalu lintas di Jl Pemuda Kota Tegal. Petugas berjumlah lima orang itu, datang dengan mobil ambulance.

Kedatangan petugas medis dengan berpakaian khusus antivirus itu, membuat warga yang melihatnya berkeyakinan, korban kecelakaan tunggal itu, terkena Covid 19.

Sehingga petugas yang menangani pun harus mengenakan pakaian khusus. Warga yang melihat penanganan kasus kecelakaan itu, pun kian yakin. Ketika melihat sejumlah personel lainnya dari Sat Lantas Polres Tegal, membuat area parimeter dalam rangka pengamanan di lokasi kecelakaan lalu lintas itu.

Berkait penanganan kasus kecelakaan lalu lintas itu, Kasat Lantas Polres Tegal Kota AKP Bakti Kautsar Ali SSos didampingi KBO Iptu Joko Margono, membenarkan jika korban kecelakaan tunggal lalu lintas, diduga terdampak virus corona.

”Tapi ini kan hanya simulasi latihan penanganan korban kecelakaan lalu lintas yang diduga korbannya terkena Covid 19. Jadi hanya simulasi saja. Kelak kalau ada korban seperti ini, sudah ada prosedur penanganannnya,” terang dia.

Memiliki Kesiapan

Dengan adanya simulasi latihan seperti itu, kata dia, pihaknya diharapkan telah memiliki kesiapan dan pengalaman dalam menangani kasus kecelakaan lalu lintas, dengan korban diduga positif terkena virus corona.

Apalagi latihan tersebut melibatkan Dokkes Polres Tegal Kota dan Dinkes Kota Tegal.

Menurut dia, segala kemungkinan memang harus dipersiapkan sedini mungkin. Apalagi mendekati arus mudik lebaran, meski ada imbauan perantau agar tak mudik ke kampung halaman, tapi banyak pihak yang memprediksi lalu lintas di jalur pantura, dan tengah akan ramai kendaraan pemudik dibanding haru-hari biasanya.

Karena itulah, personel yang kelak diterjunkan dalam penanganan lalu lintas, maupun bertugas di lapangan, akan dibekali dengan masker dan hand sanitizer.

Sejumlah lokasi di dekat personelnya yang tengah tugas mengatur arus lalu lintas, akan dipasang fasilitas cuci tangan dan cuci muka.

Bahkan seperti sekarang, di seluruh Pos Polisi yang sudah ada fasilitas cuci tangan, kelak di seluruh Pos Pengamanan (Pos Pam} dan Pos Pelayanan (Pos Yan), akan disediakan fasilitas seperti itu.

Selain untuk kepentingan personel yang bertugas, juga dapat dimanfaatkan pengguna jalan. ”Intinya kami mengantisipasi segala kemungkinan, di tengah berbagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus corona,” ucap dia.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA