Take a fresh look at your lifestyle.

Perpustakaan Insan Cita Laksanakan Gerakan Membaca Serentak

203

* Peringati Hari Kunjung Perpustakaan 2019

BUMIAYU- Perpustakaan Insan Cita Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Brebes, melaksanakan Gerakan Membaca Serentak (Gemes), Sabtu (14/9). Kegiatan yang diikuti puluhan anak tingkat SD hingga SMA itu dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan tahun 2019.

Pengelola Perpustakaan Desa Insan Cita M Fatkhur Rozak mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengenalkan perpustakaan kepada anak-anak. Dengan demikian, minat membaca akan terus tumbuh, tertanam dan menjadi kebiasaan hingga kelak anak dewasa. Hal itu penting karena membaca merupakan jendela dunia.”Membaca adalah modal utama untuk mengetahui, menjadi pintar dan membuat perilaku menjadi lebih baik. Inilah mengapa kami menggelar Gemes untuk memperingati Hari Kunjung Perpustakaan tahun 2019,” kata Rozak.

Perpustakaan Insan Cita merupakan salah satu perpustakaan desa berbasis inklusi sosial. Perpustakaan yang menempati rumah warga ini memiliki koleksi 1.450 buku.”Baru baru ini kami juga mendapatkan bantuan 1.000 buku bacaan dan tiga unit komputer dari perpustakaan nasional,” katanya.

Sebagai perpustakaan berbasis inklusi sosial, kata Rozak, perpustakaan Insan Cita tidak hanya menyediakaan bahan bacaan bagi warga di kaki Gunung Slamet, tetapi juga memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan keterampilan yang bertujuan untuk pemberdayaan sosial-ekonomi.”Salah satu yang kita lakukan adalah mengadakan bimbingan belajar untuk anak-anak,” kata dia.

Pegiat literasi sekaligus perwakilan motivator-anak.com Ade Irmanus Sholeh mengapresiasi kegiatan Gemes.”Hari Kunjung Perpustakaan ini bisa menjadi momentum menumbuhkan minat baca pada anak,” katanya. Dia berharap masyarakat mendukung keberadaan perpustakaan Insan Cita yang dikelola para pemuda. Dengan demikian, kehadiran perpustakaan tidak saja menumbuhkan minat baca, tetapi juga menjadi pusat belajar anak anak dan masyarakat.(Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA