Take a fresh look at your lifestyle.

Peringati HUT ke-74 MA RI, PN Tegal Gelar Donor Darah

183

TEGAL-Pengadilan Negeri (PN) Kota Tegal menggelar aksi donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-74 Mahkamah Agung RI, Rabu (7/8/2019).

Dengan menggandeng PMI Kota Tegal yang langsung dihadiri Ketua PMI Agus Dwi S, para hakim dan pegawai menyumbangkan darahnya sebagai upaya mencukupi pasokan darah PMI.

Kegiatan itu juga untuk mendukung tercapainya visi “Terciptanya Badan Peradilan yang Agung dengan Tema Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi untuk Melayani”.

Ketua PN Tegal Djoni Witanto didampingi Humas PN Frans Effendi Manurung berharap dengan adanya aksi donor darah bisa memberikan kontribusi kepada nasyarakat khususnya yang membutuhkan darah.

Mereka yang menyumbangkan darahnya mulai dari hakim hingga pegawai, masyarakat pencari keadilan, hingga advokat.

“Semoga ini bermanfaat. Total ada sekitar 38 yang donor. Mulai dari hakim ke bawah, hingga ibu-ibu Dharmayukti Karini. Termasuk ibu ketua Diana Djoni Witanto ikut menyumbangkan darahnya,” ungkap Frans.

Djoni Witanto menambahkan, selama dirinya memimpin, ada satu kebijakan yang sudah ia terapkan. Yakni bagaimana agar PN bisa lebih dekat ke masyarakat.

“Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk dekat dengan masyarakat. Seperti belum lama ini gelar kerja bakti. Kita tidak boleh membatasi diri, misal kami hakim, kita harus bisa melebur ke tengah masyarakat,” pungkasnya.

Selain donor darah, dalam waktu dekat rencananya juga akan menggelar operasi katarak gratis bagi masyarakat yang membutuhkan. Termasuk bakti sosial ke panti asuhan.

“Karena kita harus banyak sosialisasi ke masyarakat. Bisa dalam bentuk apapun, tanpa melihat apapun,” pungkasnya.

Djoni berharap, citra positif kinerja PN bisa terus tumbuh dalam melayani masyarakat. “Bagaimana kita sebagai aparatur bisa mengambil hati masyarakat. Kita sangat senang dan bangga kalau hasil kerja kita bisa dinilai positif oleh masyarakat. Itulah kepuasan kita untuk melayani,” pungkasnya.

Ketua PMI Agus Dwi S mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah PN dalam misi kemanusiaan. Ia berharap sinergitas bisa terus terjalin.

“Mungkin nanti bisa rutin tiga bulan sekali. Termasuk kami mendorong ada paguyuban donor darah di PN ini. Sehingga misal sewaktu-waktu ada yang membutuhkan kita punya database,” pungkasnya.

Agus menambahkan, untuk ketersediaan darah, pihaknya terus berupaya meraih dukungan dari semua lapisan masyarakat, termasuk instansi-instansi pemerintah dan swasta.

“Karena kita juga tidak bisa membatasi siapapun yang butuh darah. Tidak hanya bagi warga Kota Tegal namun juga dari daerah sekitar. Dan kita harus siap untuk itu,” pungkasnya. (Setyadi/Red4)

BERITA LAINNYA