Take a fresh look at your lifestyle.

Peningkatan Jalan Kendayakan Tak Sesuai Progres

119

SLAWI,smpantura.com – Peningkatan Jalan Kendayakan, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal tidak sesuai rencana progres pekerjaan. Proyek yang dianggarkan Rp 1,6 miliar dari APBD Kabupaten Tegal tahun 2021 itu, mengalami keterlambatan sebesar 42,71 persen. Padahal, seharusnya per tanggal 18 November 2021 rencana progres pekerjaan sebesar 83,86 persen.

“Realisasi baru 41,15 persen per tanggal 18 November 2021. Ini sangat jauh dari rencana pekerjaan,” kata Kepala DPU Kabupaten Tegal Hery Suhartono melalui Kabid Jalan dan Jembatan M Nuh, Kamis (25/11).

Dikatakan, pekerjaan peningkatan jalan Kendayakan sesuai pagu anggaran Rp 1,9 miliar. Usai melalui proses lelang ditawar menjadi Rp 1,6 miliar atau mengalami penurunan sekitar 16 persen. Kondisi itu dinilai tidak wajar karena keuntungan penyedia jasa hanya 10 persen. Keuntungan itu belum termasuk potongan pajak.

“Kami berharap dengan penawaran anggaran itu tidak mengurangi kualitas pekerjaan,” harapnya.

Namun demikian, kata dia, pekerjaan tersebut mengalami keterlambatan pekerjaan. Kondisi itu sempat membuat Bupati Tegal Hj Umi Azizah yang melakukan kunjungan lapangan di pekerjaan betonisasi di Jalan Kendayakan, marah. Padahal, proyek itu dikerjakan dalam waktu 90 hari kerja mulai 9 September 2021 hingga 7 Desember 2021.

“Sudah dapat Surat Peringatan (SP) 3 dan sudah dirapatkan penyebabnya. Rekanan sanggup menyelesaikan pekerjaan hingga bulan ini. Jika tidak, maka akan dikenakan denda,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, peningkatan jalan dengan beton dilakukan sepanjang 560 meter dengan lebar 5 meter. Pekerjaan itu dilakukan dua lapis, dan untuk lapis pertama berupa lantai kerja sudah dikerjakan. Sementara rigit baru dilaksanakan sekitar 130 meter.

“Besi sudah ada dan tinggal dicor. Kami minta untuk segera,” pintanya. (T05-Red)

 

BERITA LAINNYA