Take a fresh look at your lifestyle.

Penggunaan Anggaran Belanja Daerah Wajib Pastikan Capaian Pelaksanaan

182

TEGAL – DPRD meminta agar dalam penggunaan anggaran belanja daerah, Pemkot Tegal wajib memastikan capaian pelaksanaan anggaran. Hal itu dimaksudkan agar tidak menjadi beban pada tahun anggaran berikutnya. Demikian disampaikan Ketua DPRD, Edy Suripno usai memimpin rapat pembahasan anggaran bersama Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) di Ruang Komisi I DPRD Kota Tegal, Senin (12/8).

Menurut dia, pada tahun 2018 jumlah Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) mencapai Rp 165, 5 miliar. Dari jumlah tersebut pada APBD murni tahun 2019 dimasukan sekitar Rp 88 miliar dan ditambahkan dalam ubahan anggaran tahun 2019 sekitar 76 miliar, sehingga APBD tahun 2019 menjadi berimbang. “Besarnya SiLPA di tahun 2018 akibat perencanaan pos belanja pegawai begitu tinggi dan pos belanja langsung untuk belanja modal banyak kegiatan yang tidak bisa terealisasi,” katanya.

Edy Suripno mengemukakan, dengan kondisi tersebut pada perubahan APBD tahun 2019 ditambahkan kegiatan – kegiatan yang diproyeksikan untuk memenuhi SiLPA tahun anggaran 2018. “Secara penganggaran Pemkot Tegal memiliki potensi keuangan yang mendekati kemandirian daerah. Tinggal potensi kemampuan keuangan harus dikelola secara tepat agar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA