Take a fresh look at your lifestyle.

Penderita ODGJ Dipasung Belasan Tahun, Akhirnya Dirujuk ke Rumah Sakit

BREBES, smpantura.com – Ahmad Rifai (52), penderita penyakit orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang nasibnya memperihatinkan karena dipasung selama belasan tahun, akhirnya dirujuk ke rumah sakit, Selasa sore (30/11/2021). Warga Desa Kedunguter, Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes, ini dibawa Dinas Sosial Kabupaten Brebes ke RS dr Soesilo Slawi untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan dari tim medis dokter syaraf.

Akibat ketidakmampuan ekonomi keluarganya, dan khawatir menggangu tetangga, Ahmad Rifai terpaksa dipasung di dalam kamarnya dengan cara kakinya dirantai. Harapan keluarga agar anaknya mendapat perawatan medis, kini tercapai.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Brebes, Slamet Gembira mengatakan, yang bersangkutan telah dibawa untuk dirujuk di RS dr. Soesilo Slawi. Langkah itu dilakukan agar penderita mendapat penanganan medis, terutama dari dokter syaraf. Diharapkan dengan penanganan itu, penderita bisa sehat.

“Begitu mendapat laporan, kami cek lapangan dan tadi sore, penderita ini kami rujuk ke RS dr Soeselo Slawi,” ujarnya kepada media.

Lebih lanjut dia meminta, pihak desa maupun masyarakat untuk segera melaporkan jika ada warga di sekitar yang mengalami ODGJ. Termasuk, pihak desa bisa mengurus berkas dokumen persyaratannya, seperti dokumen KK, KTP, BPJS dan lain sebagainya.

“Kami minta jangan sampai kejadian ini terulang kembali. Artinya, ada warga yang dipasung sudah lama baru diketahui. Kami justru mengetahui setelah adanya pemberitaan di media. Untuk itu, kami berharap pihak desa maupun masyarakat bisa melaporkannya. Sehingga cepat tertangani,” terangnya.

Dia menambahkan, persoalan ODGJ ini, bukan hanya persoalan dan tanggung jawab negara semata. Namun menjadi tanggung jawab bersama, termasuk masyarakat sekitar. “Jadi, intinya kami berharap adanya informasi, mengingat jumlah personel kami terbatas,” pungkasnya.  (T07-red)

BERITA LAINNYA