Take a fresh look at your lifestyle.

Pendamping PKH dan Tomas Aksi Peduli Cegah Covid-19

- Bagikan Masker dan Hand Sanitizer

152

BREBES – Sejumlah pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dan tokoh masyarakat (tomas) di Kabupaten Brebes melakukan aksi kepedulian upaya antisipasi pencegahan virus corona atau covid-19, di Kecamatan Bulakamba dan Kecamatan Losari Kabupaten Brebes, Kamis (2/4).

Mereka rela blusukan ke rumah warga miskin yang masuk dalam keluarga penerima manfaat (KPM), untuk memberikan sejumlah bantuan alat pelindung diri (APD) seperti masker, hand sanitizer dan mengedukasi langsung ke masyarakat terkait pandemi corona.

Ribuan masker dan botol berisi hand sanitizer mereka bagikan kepada KPM di Kecamatan Bulakamba dan Losari. Mereka juga melakukan penyeprotan desinfektan di pemukiman warga. Bahkan, dalam aksi penyemprotan tersebut, mereka menggandeng jajaran Polres Brebes dengan menerjunkan mobil water canon.

“Bantuan APD ini kita berikan kepada warga masyarakat yang membutuhkan. Apalagi, saat ini masker dan handsanitizer jumlahnya terbatas dan harganya cukup mahal. Karena itu, kami berikan gratis ke warga juga semua KPM program PKH. Untuk handsanitizer, kalau habis nanti bisa diisi ulang. Nanti kita berikan lewat pendamping PKH masing-masing,” ucap seorang pendamping PKH Kecamatan Losari, Brebes, M Firdaus..

Di Desa Pekauman, lanjut dia, ratusan perantau sudah mudik dan kembali ke rumah masing-masing. Sehingga upaya dilakukan turun langsung ke lapangan bersama pihak aparat desa untuk melakukan screening. “Alhamdullilah, warga perantau yang datang ini sudah dicek bersama kondisi kesehatannya. Tapi tetap dipantau bersama,” sambungnya.

TONTON VIDEONYA DISINIhttps://www.youtube.com/watch?v=f1YcpyI4G7Y

Sementara mobil water canon berkapasitas 6.000 liter milik Polres Brebes dikerahkan saat aksi penyeprotan desinfektan di Kecamatan Bulakamba, termasuk lapak-lapak bawang, pasar dan pemukiman penduduk di sepanjang ruas jalan Luwungragi-Banjaratma.

“Puluhan ribu perantau dari Jakarta dan sekitarnya sudah tiba di Brebes. Upaya pencegahan wabah covid-19 ini harus dilakukan bersama-sama. Termasuk, penyemprotan disenfektan ini,” katan Tokoh Masyarakat Kecamatan Bulakamba, Haryanto.

Menurut dia, yang diutamakan sat ini adalah upaya antisipasi wabah covid-19, dan itu tak hanya bertumpu pada pemerintah. Namun pihaknya mengajak masyarakat untuk turut serta membantu sesama.

“Ayo kita bersama peduli keadaan sesama, bantu warga sekitar kita yang membutuhkan. Karena wabah covid-19 harus ditangkal bersama-sama,” ajak pria yang juga anggota Fraksi PKB DPRD Brebes ini.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA