Take a fresh look at your lifestyle.

Pemkot Tegal Siap Terapkan New Normal

163

TEGAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menyatakan siap menerapkan new normal seperti apa yang diharapkan Pemerintah Pusat. Hal itu ditegaskan Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi usai menghadiri Rapat Kerja DPRD Kota Tegal di Ruang Paripurna setempat, Kamis (28/5) siang.

Orang nomor dua di Kota Bahari ini menyampaikan, penguatan kinerja setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan persiapan new normal di Kota Tegal meliputi beberapa aspek. Dimulai dari memperkuat monitoring protokol kesehatan, screening dan deteksi dini masif progresif.

Termasuk diantaranya meningkatkan kualitas layanan kesehatan, meningkatkan koordinasi lintas batas, melakukan penyemprotan disinfektan berskala besar dan pemberdayaan masyarakat.

“Kita sudah sangat siap. Bahkan mungkin sudah selangkah di depan untuk mempersiapkan new normal. Semua parameter-parameter yang diharapkan Pemerintah Pusat kita jalankan dengan sangat ketat. Sekarang ini, kita tinggal take off kan saja,” katanya.

Bahkan, sambung Jumadi, Pemerintah Kota Tegal telah mengatur Perwal untuk memperkuat penerapan new normal. Itu tertuang dalam Perwal Nomor 13 tahun 2020 tentang Pencegahan Penuralan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Tegal.

Adapun ruang lingkup Perwal meliputi penggunaan masker, pembatasan interaksi fisik (physical distancing), protokol pencegahan Covid-19, kerja sama, kemitraan dan partisipasi masyarakat serta pemantauan, evaluasi, pelaporan dan sanksi.

“Ini langkah bagus dan jalan terbaik untuk menyelesaikan pandemi ini. Paling tidak kita siap untuk menghadapi new normal sesuai arahan Pemerintah Pusat. Di mall sudah siap, pasar, rumah sakit, tempat umum, rumah makan sudah siap, tinggal take off saja, bahkan Satpol PP sudah keliling,” tegasnya.

Jumadi menambahkan, masyarakat Kota Tegal sudah cerdas dan paham betul bagaimana caranya  menghadapi pandemi ini. Pihaknya meyakini, Pemerintah Kota Tegal on hold menghadapi new normal. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA