Take a fresh look at your lifestyle.

Pemdes Bentar Siapkan Ruang Isolasi Bagi Pemudik

* Kebutuhan Makan dan Minum Selama Isolasi Ditanggung

208

BUMIAYU- Gelombang pemudik dari Jakarta ke Kabupaten Brebes di tengah belum berhenti. Mengantisipasi itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Bentar, Kecamatan Salem, menyiapkan ruang isolasi bagi warga yang mudik dari zona merah Covid-19.

Kepala Desa Bentar Sucarko mengatakan, penyediaan ruang isolasi disediakan untuk mencegah potensi penularan virus korona. Pasalnya, saat ini virus corona bisa ditularkan oleh orang tanpa gejala.”Selain itu, ruang isolasi ini menjawab instruksi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang meminta seluruh desa menyiapkan tempat isolasi bagi warga yang terpaksa mudik,” ujarnya.

Menurut kades, ruang isolasi yang disiapkan itu menempati gedung lama kantor desa. Fasilitas tersebut termasuk petugas dan alat pelindung diri (APD) disiapkan sejak dua minggu terakhir.”Alhamdulillah sekarang sudah siap semua, insyallah pemudik akan kita tangani sesuai penanganan antisipasi covid 19,” ujar Sucarko.

Dengan adanya fasilitas itu, setiap pemudik dari zona merah wajib menjalani isolasi mandiri di ruang isolasi tersebut selama 14 hari kedepan sejak kedatangannya.”Selama masa isolasi tersebut, kebutuhan makan dan minum akan ditanggung oleh pemerintah desa,” kata kades. Pihaknya berharap, masyarakat khususnya pemudik dapat memahami kebijakan (isolasi) tersebut.”Ini untuk mencegah potensi penularan. Protokolnya memang harus seperti itu,” ujarnya.

Camat Salem Nur Ari HY mengapresiasi kesigapan pemerintah Desa Bentar dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona.”Untuk desa lainnya masih proses penyiapan ruang isolasi,” ujarnya. Pada bagian yang lain, camat meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti anjuran pemerintah. Yaitu sosial distancing dan physical distancing. Lalu menggunakan masker saat beraktivitas dan mencuci tangan setelahnya.”Kalau tidak ada kepentingan, sebaiknya tinggal di rumah saja. Dengan demikian, penyebaran virus bisa ditekan,” ujarnya. (Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA