Take a fresh look at your lifestyle.

Pembangunan RSUD Ketanggungan Rp 58 M Tetap Jalan

- Ditargetkan Selesai Akhir Desember

546

BREBES – Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, yang direncanakn Pemkab setempat di tahun 2020 ini, dipastikan tetap berjala dan tidak terpengaruh pendemi virus korona (Covid-19). Bahkan, Pemkab Brebes menargetkan proyek senilai Rp 58 miliar dari APBD itu, selesai pada akhir Desember mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes Abdul Majid menandaskan, pembangunan RSUD di Ketanggungan dipastikan berlanjut dikarenakan untuk kepentingan masyarakat banyak. Sesuai aturan, untuk anggaran bagi kepentingan layanan kesehatan dasar juga tidak terkena refokusing, terkait pendemi virus korona. “Pembangunan RSUD Ketanggungan ini tetap berjalan. Bahkan, pemenang lelang proyek sudah ada, dan sekarang pekerjaannya memasuki pembersihan lahan,” ujarnya, Selasa (9/6).

Menurut dia, sesuai kontrak, pembangunan RSUD Ketanggungan menelan dana APBD sebesar Rp 58 miliar. Rencananya bangunan terdiri dari tiga lantai. Namun anggaran sebesar itu hanya dipergunakan untuk fisik bangunan. “Kita targetkan pembangunan ini selesai akhir Desember nanti. Namun gedung yang jadi ini belum bisa difungsikan, karena peralatan dan kelengkapan lain belum terisi,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kelanjutan pembangunan RSUD Ketanggungan, akan dimasukan pada anggaran tahun depan. Harapannya, di tahun 2024 mendatang sudah bisa dioperasikan penuh. “Untuk kelanjutannya, akan kita usulkan pada anggaran tahun depan. Sehingga harapannya tahun depan RSUD ini bisa digunakan,” sambungnya.

Dia menambahkan, keberadaan RSUD Ketanggungan memamg sudah sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya di wilayah Brebes bagian barat dan tengah. Masyarakat selama untuk memdapatkan pelayanan rumah sakit harus ke wilayah tetangga. Namun dengan adanya RSUD Ketanggungan yang dibangun di lahan bekas terminal Ketanggungan tersebut, akan mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Keberadaan RSUD ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam peningkatan layanan kesehatan. Khususnya, untuk masyarakat wilayah Brebes barat dan tengah,” pungkasnya.

(setiawan-red2).

BERITA LAINNYA