Take a fresh look at your lifestyle.

Pembagian Masker Dinilai Tidak Terarah

332

SLAWI – Program 1 juta masker di Kabupaten Tegal dalam upaya pencegahan Covid-19, mulai dibagikan kepada masyarakat. Namun, pembagian masker itu dinilai tidak terarah sehingga tidak merata di seluruh wilayah kabupaten tersebut.

“Pembagian dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atasnama Gugus Covid-19 Kabupaten Tegal. Tiap desa mendapatkan 1.000 masker tanpa melihat jumlah penduduk dan jumlah masker yang telah dibagikan pemerintahan desa,” kata Anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Tegal, M Khuzaeni, Selasa (12/5).

Dikatakan, program 1 juta masker yang dikelola Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal telah diserahkan ke Gugus Covid-19 Kabupaten Tegal. Pembagian masker diserahkan ke BPBD setempat melalui desa-desa. Selain itu, pembagian juga melalui setiap kecamatan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan organisasi masyarakat lainnya yang mengajukan permohonan masker.

“Setiap kecamatan juga 1.000 masker. Padahal, jumlah penduduk berbeda-beda,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi III itu menuturkan, tiap desa memiliki jumlah penduduk yang berbeda-beda. Jika jumlah penduduk sedikit, maka warga akan mendapatkan lebih banyak masker. Sedangkan, jika warganya banyak maka banyak warga yang tidak kebagian masker. Selain tidak mempertimbangkan jumlah warga, pembagian masker juga tidak melihat berapa banyak masker yang telah dibagikan pemerintah desa.

“Ini jelas tidak efektif dan efisien,” tegas pria yang akrab disapa Jeni itu.

Ia menyarankan, pembagian masker yang dikelola Dinkes, seharusnya melalui tiap puskesmas yang ada di setiap kecamatan. Dari puskesmas, pembagian berlanjut ke bidan desa yang nantinya akan langsung kepada masyarakat. Namun demikian, pembagian juga melihat jumlah penduduk dan jumlah masker yang telah dibagikan pihak desa. Hal itu akan membuat warga bisa kebagian mendapatkan masker.

“Jangan sampai pengadaan masker ini muspro. Anggarannya sangat besar, seharusnya manfaatnya juga besar bagi masyarakat,” pungkasnya.(Wiwit-red03)

BERITA LAINNYA