Take a fresh look at your lifestyle.

Pemalang Zona Merah Covid-19

256

PEMALANG – Kabupaten Pemalang masuk dalam zoma merah peta sebaran Covid-19. Hal itu disampaikan Bupati Junaedi saat melakukan pemantauan Posko Penanggulangan Covid-19 di desa-desa, Minggu (12/4).

“Kabupaten Pemalang saat ini, dengan sudah adanya dua warga yang dinyatakan positip Covid-19 maka berdasarkan penetapan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, sudah termasuk zona merah,”kata Bupati.

Dengan sudah adanya warga yang terpapar itu lanjut Bupati maka statusnya adalah tanggap darurat atau bisa juga dikatakan sama dengan fase Kejadian Luar Biasa (KLB). Karena itu dia meminta semua warga untuk mentaati himbauan pemerintah antara lain menjaga jarak, menggunakan masker dan sering cuci tangan serta biasakan pola hidup bersih dan sehat.

“Termasuk untuk warga Pemalang yang menjadi pemudik, pemerintah daerah tidak melarang, akan tetapi menghimbau untuk menunda mudiknya terlebih dahulu sampai kondisi normal, sayangi keluarga, jaga lingkungan, jaga masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu kepada Kepala Desa yang Posko-nya dikunjungi Bupati berpesan untuk mengelola Alokasi Dana Desa (ADD) dengan baik. ADD kata dia bisa digunaan untuk pengadaan masker dan dibagikan kepada masyarakat.

“Siapkan masker untuk masyarakat, apabila memang belum ada silakan menggunakan dana ADD untuk membeli dan segera bagikan, saya yang bertanggungjawab,”tegasnya.

Junaedi menambahkan dirinya sengaja terus berkeliling dari desa ke desa untuk memantau kesiapan di tingkat desa, termasuk bila memungkinkan untuk mempersiapkan rumah singgah bagi warga desa yang baru saja mudik dari perantauan.

Menurut dia tidak menutup kemungkinan ada yang menanyakan, bagaimana dengan kebutuhan sehari-hari selama di rumah singgah. Maka hal itu bisa dipikul bersama-sama oleh pihak desa dan masyarakat sebab saat ini kondisinya memang sedang pandemi.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA