Take a fresh look at your lifestyle.

Pelaku Pembobol Rumah Babak Belur Dihajar Massa

201
  • Tertangkap Tangan Warga Saat Beraksi

BREBES – Riyanto (27), warga Desa Limbangan, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes, babak belur dihajar warga. Ia dimassa warga setelah ketangkap tangan tengah membobol rumah milik Mardi (59), warga Desa Karangsari, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Rabu (6/11). Bahkan, sebelum diringkus warga dan diserahkan ke polisi, pelaku sempat menganiaya pemilik rumah hingga mengalami luka.

Kapolsek Bulakamba, AKP Widiaspo melalui Kanit Reskrim Ipda Tasudin mengatakan, aksi pembobol rumah dilakukan pelaku sekitar pukul 09.00. Namun aksinya itu diketahui pemilik rumah saat baru pulang dari mencari rumput. Bahkan, saat ditegur pelaku langsung menyerang pemilik rumah dengan memukulkan ember dan menusukan potongan besi. Tak hanya itu, saat berusaha ditangkan, pelaku juga mengigit lengan pemilik rumah. Lantaran terdesak, pemilik rumah berteriak minta tolong dan sejumlah warga langsung berdatangan. Melihat ada pencuri, warga langsung menghakimi pelaku hingga babak belur. “Saat kami tiba di lokasi, pelaku sudah diamankan warga dan langsung di bawa ke Mapolres untuk diproses hukum,” ujarnya.

Sebelum ketahuan pemilik rumah, lanjut dia, pelaku sudah mengambil uang yang tersimpan dialmari. Dari tangan pelaku itu, pihaknya mengamankan uang hasil kejahatannya senilai Rp 1,6 juta. Kemudian, sebuah potongan besi yang digunakan untuk menusuk korban. “Dari hasil pemeriksaan kami, pelaku ini merupakan residivis kasus serupa. Bahkan, pelaku ini masih dalam pengawasan karena baru bebas bersyarat dari kasus yang sama,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hingga kini pihaknya masih terus melakukan pemeriksaan terhadap tersangka. Termasuk, meminta keterangan korban dan para saksi. “Akibat perbuatannya ini, tersangka kami jerat pasal 365 KUHP tentang pencurian disertai kekerasan, dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara,” sambungnya.

Di depan penyidik, pelaku Riyanto mengaku, dirinya nekat membobol rumah orang karena terdesak ekonomi. Uang hasil curiannya itu rencananya akan digunakan untuk membayar hutang. “Awalnya rumah sepi. Saya masuk dengan cara mencongkel jendela. Kemudian masuk ke kamar. Saya mendapatkan uang ini dari lemari kamar. Tapi, saat mau keluar ada pemilik rumah,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA