Take a fresh look at your lifestyle.

Pemkot Tegal Ancang-ancang Relaksasi PSBB

223

TEGAL – Pemerintah Kota Tegal bakal melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sepekan menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah. Hal tersebut dilakukan, guna memulihkan kembali perekonomian di Kota Bahari setelah mencapai batas zero Covid-19 atau zona hijau.

“Pelonggaran (relaksasi-red) PSBB rencananya akan dimulai pada 15 Mei 2020. Sebab, tidak ada lagi kasus positif Covid-19 di sini,” ungkap Wakil Wali Kota Tegal, Muhammad Jumadi, Selasa (12/5) sore.

Menurutnya, dalam pelaksanaan relaksasi, sejumlah ruas jalan yang saat ini masih ditutup akan kembali dibuka seperti semula. Termasuk beberapa penerangan jalan umum (PJU) yang dipadamkan selama PSBB, akan dinyalakan kembali saat malam hari.

Tak hanya itu, pada H-7 Lebaran nanti, Pemkot juga akan menormalkan kembali aktivitas perekonomian. Bahkan, beberapa pengusaha di Kota Tegal telah dipanggil untuk melakukan rapat koordinasi dan membahas penanganan Covid-19.

“Kita mengajak pengusa‎ha untuk mengubah pola pikir di tengah pandem. Jadi, mereka bisa tetap menjalankan usaha dan ikut menekan peredaran Covid-19. Salah satunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tukasnya.

Jumadi menambahkan, dengan rencana penerapan relaksasi PSBB, pihaknya meminta kepada masyarakat Kota Tegal untuk tetap waspada dan mengenakan masker saat bepergian. Ditegaskan, bagi masyarakat yang didapati tidak mengenakan masker akan diproses lebih lanjut.

“Semua wajib pakai masker. Tanpa terkecuali. Kalau sampai ada yang melanggar, maka konsekuensinya tidak boleh masuk ke sini,” tegasnya.

Sementara, anggota DPRD Kota Tegal dari Fraksi Golkar, Mohamad Muslim menyambut baik rencana relaksasi PSBB yang akan dilakukan Pemkot. Dirinya menilai, hal tersebut menunjukan adanya perkembangan yang baik dalam penanganan Covid-19 di Kota Tegal.

Dengan adanya relaksasi tersebut, diharapkan dapat membangkitkan perekonomian secara bertahap. Sehingga nantinya akan kembali normal seperti sedia kala. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA