Take a fresh look at your lifestyle.

Pedagogi Kunci Kualitas Pendidikan

238

* UPS Tegal Siapkan SDM-nya

TEGAL – Kepala Program Studi (Kaprodi) Magister Pedagogi (Pendidikan) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal Dr Basukiyatno MPd mengatakan, keberadaan Prodi Magister Pedagogi di perguruan tingginya akan menjadi kunci perubahan kualitas dunia pendidikan di tanah air.
Sebab bekal ilmu pendidikan yang dimiliki sarjana Strata 1 (S1) berbagai disiplin ilmu yang kini banyak mengajar di SD, SMP, SMA dan SMK, perlu ditambah untuk memperkuat proses belajar mengajar.
”Jika banyak guru yang bergelar S1 menempuh studi lanjut Strata 2 atau (S2) Magister Pedagogi, tentu keresahan sekolah memiliki tenaga pengajar berkualitas akan kian terselesaikan. Kualitas ilmu yang ditularkan guru ke anak didik atau peserta didik, tentu akan lebih baik dibanding sebelumnya,” terang Dr Basukiyatno MPd.
Dia mengungkapkan, perguruan tingginya menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang membuka Prodi Magister Pedagogi. Potensi seperti itu, menurut dia menjadi keunggulan dunia pendidikan di wilayah Pantura Barat.
Karena tenaga pengajar di wilayah tersebut menjadi lebih mudah aksesnya untuk menempuh studi lanjut di UPS Tegal. Selain lokasinya dekat, biaya pendidikannya lebih terjangkau.
”Karena guru SD, SMP, SMK dan SMK di Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, Pekalongan dan Batang, tidak perlu indekost di Kota Tegal., saat studi lanjut prodi ini di perguruan tinggi kami,” terang Basukiyatno. Itu artinya, UPS Tegal telah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dunia pendidikan, yang lebih baik lagi.
Dukungan Disdik
Menyingung peningkatan kualitas pendidikan di tiap sekolah, memang perlu dukungan dinas pendidikan (Disdik) di tujuh daerah tingkat dua di Pantura Barat atau Eks Karesidenan Pekalongan.
Dukungan dimaksud, antara lain, dengan memberikan kesempatan kepada para guru atau tenaga pengajar kuliah studi lanjut di Prodi Magister Pedagogi, secara bertahap. Contohnya, tiap kecamatan ada satu guru yang studi lanjut di prodi tersebut, sudah cukup baik.
”Kami sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk Magister Pedagogi, sampai September,” terang Dr Basukiyatno MPd didampingi Dekan FKIP Dr Purwo Susongko MPd.
Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto MHum mengatakan, untuk tenaga pengajar atau dosen di prodi itu, sudah cukup banyak. Apalagi Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) perguruan tingginya, cukup banyak yang mengantongi gelar doktor.
Itu artinya, lanjut dia, kualitas perkuliahan di Magister Pedagogi dapat menjadi salah satu jaminan, melahirkan tenaga pendidik yang lebih baik lagi untuk perubahan di dunia pendidikan.
Kepala Layanan Pendidikan Dikti (LL Dikti) Prof Dr Dwi Yuwono Puji (DYP) Sugiharto MPd Kons mengatakan, dunia pendidikan di tanah air memang perlu perubahan menuju peningkatan kualitas tenaga pengajarnya. Karena itulah kehadiran Magister Pedagogi di UPS Tegal yang merupakan satu-satunya di Jateng, akan banyak membantu perubahan tersebut.
”Akan menjadi baik bila guru-guru yang sudah S1 dari berbagai disiplin ilmu baik di tingkat SD, SMP, SMA dapat studi lanjut di Magister Pedagogi UPS Tegal,” ucap dia, sambil menambahkan hal itu harus menjadi program penting dinas pendidikan masing-masing daerah.(Riyono Toepra/Red07)

BERITA LAINNYA