Take a fresh look at your lifestyle.

PDAM Tonjong Buka 700 Sambungan Murah Bagi MBR

223

BUMIAYU– Perumda Air Minum Tirta Baribis Kabupaten Brebes menyiapkan 700 sambungan rumah (SR) dengan harga terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di wilayah Kecamatan Tonjong.

“Iya benar, ada program pasang baru bagi MBR. Kuota untuk Kecamatan Tonjong ada 700 SR,” kata Ketua Perumda Air Minum Tirta Baribis Unit Tonjong Fatkhurohman Wahid.

Kuota sebanyak itu, lanjut Fatkhurohman, diprioritaskan ke empat wilayah yaitu Kalijurang, Galuhtimur, Kaligadung dan Kalisalak. Menurutnya, program tersebut sudah di sosialisasikan ke masyarakat di wilayah tersebut. Harga pasang baru SR bagi MBR tersebut sebesar Rp 366.000.”Pasang baru MBR jauh lebih murah karena mendapat subsidi dari pemerintah. Subsidi yang bersumber dari APBN, disalurkan melalui Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” kata Fatkhurohman

Dikatakan Fatkhurohman, program pasang baru MBR bertujuan untuk membantu masyarakat meningkatkan akses air minum. Selain itu, juga untuk mempercepat peningkatan cakupan pelayanan air minum perpipaan yang diprioritaskan bagi MBR dalam rangka meningkatkan derajat kualitas kesehatan masyarakat.”Respon program ini sangat bagus. Sampai Jumat pekan kemarin, sudah ada 550 calon pelanggan MBR yang mendaftar,” katanya.

Para calon pelanggan tersebut nantinya akan diverifikasi oleh tim terkait apakah memenuhi persyaratan atau tidak. Adapun syarat calon pelanggar MBR adalah rumah tidak mewah, tidak memiliki properti mewah, daya listrik PLN yang dipakai maksimal 900 Watt, rumah berada di jalur existing dan siap membayar lunas biaya pemasangan SR.”Jadi ada survei lapangan ya,” ujarnya.(Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA