Take a fresh look at your lifestyle.

Mendekati PSBB, Hakli Suplai Alat Cuci Tangan di Pasar Tradisional

196

TEGAL – Jelang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bahari, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (Hakli) Cabang Kota Tegal membagikan tempat pencuci tangan portabel di sejumlah pasar tradisional, Selasa (21/4) siang.

Pembina Hakli Cabang Kota Tegal, Siti Halamah mengemukakan, ditempatkannya alat pencuci tangan portabel di pasar karena dalam waktu dekat Tegal akan melakukan PSBB. Dimana penerapannya, pusat perbelanjaan dan pasar masih diperbolehkan beroperasi.

Untuk itu, pihaknya sengaja memasang di setiap pintu masuk pasar, dengan harapan para pengunjung maupun pedagang dapat mencuci tangannya dengan sabun. Mengingat, protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan cuci tangan wajib dilakukan selama PSBB berlangsung.

“Sejak ada pandemi ini, pasar menjadi salah satu titik yang tidak pernah sepi. Untuk itu, kami memberi bantuan berupa alat pencuci tangan. Ini merupakan bantuan tahap kedua dari kami. Sebelumnya, Hakli melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum, baik pasar, masjid maupun perkantoran,” kata Halamah, saat berada di Pasar Randugunting.

Perempuan yang menjabat Kasi Penyehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja, Dinkes Kota Tegal itu berharap, pengunjung dan pedagang pasar mau menggerakkan cuci tangan pakai sabun. Sebab, pihaknya menyakini, dengan cuci tangan maka perilaku hidup bersih dan sehat akan tercipta.

“Hampir 70 persen penyakit infeksi itu bisa dicegah melalui cuci tangan pakai sabun. Jika seluruh masyarakat mau cuci tangan pakai sabun, saya yakin Covid-19 akan hilang,” tegasnya.

Sementara, Kabid Pasar Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Tegal, Maman Suherman mengapresiasi langkah yang diambil Hakli dalam memerangi Covid-19 di tingkat paling bawah. Sebab, pasar menjadi salah satu titik yang tak pernah sepi dari aktivitas manusia setiap harinya.

Dia mengaku, dengan adanya pandemi Covid-19, aktivitas di pasar tidak begitu berbeda. Dengan adanya bantuan tersebut, pihaknya merasa terbantu lantaran tidak perlu mengusulkan dana untuk membeli tempat pencuci tangan.

“Tadinya kita mau pengadaan, membeli sendiri. Tetapi Alhamdulillah, ini ada bantuan dari Hakli. Jadi sangat bermanfaat dan tepat sekali,” pungkasnya. (Haikal/red10)

BERITA LAINNYA