Take a fresh look at your lifestyle.

Mantan Dekan FIP Unnes Daftar Calon Rektor UPS Tegal

185

CALON REKTOR : Prof Dr Fakhrudin MPd (kiri) calon Rektor UPS Tegal saat bertemu Budayawan Pantura Brebes Atmo Tan Sidik, dalam sebuah acara pertemuan para pakar di Brebes, pekan terakhir Desember 2019.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

* Pendaftaran dan Pemilihan Rektor UPS Tegal

TEGAL – Mantan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes), periode 2015-2019, Prof Dr Fakhrudin MPd, resmi mendaftar sebagai calon Rektor Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Kamis (2/1). Dia pun menjadi pendaftar pertama untuk pemilihan rektor perguruan tinggi tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Seleksi (Pansel), Pendaftaran dan Pemilihan Rektor UPS Tegal, Dr Ahmad Hanfan SE. Sosok yang sudah tidak asing lagi bagi kalangan warga Pantura Barat, khususnya Tegal, Brebes dan Pemalang, mendaftar melalui laman pendaftaran, panlih-rektor@upstegal.ac.id.

”Betul yang bersangkutan telah mendaftar, dan mengirimkan berkas persyaratan khusus dan umum lewat e-mail kami. Ya sekitar pukul 14.53, Kamis (2/1) ini. Mudah-mudahan kandidat yang lain, baik dari kalangan interen Kampus UPS Tegal atau luar kampus dapat secepatnya mendaftar,” ucap Dr Ahmad Hanfan SE MM, saat dimintai konfirmasinya.

Dia cukup optimis, akan muncul pendaftar lainnya. Terutama mendekati hari-hari penutupan pendaftaran pada tanggal 7 Januari. Karena sejumlah calon pendaftar sudah banyak yang menghubungi kesekretariatan panitia pemilihan rektor.

Sementara itu, kabar Prof Dr Fakhrudin MPd mendaftar sebagai calon rektor di perguruan tinggi tersebut, mendapat sambutan positif dari budayawan Atmo Tan Sidik. Menurut dia, sosoknya sangat cocok bila dipercaya memimpin perguruan tinggi besar di Pantura Barat.

”Dia ini merupakan perpaduan keilmuannya yang mumpuni dan religi. Dekan dengan kalangan dosen, masyarakat dan ulama,” ucap dia, yang pernah bertemu dalam pertemuan para pakar asal Brebes akhir Desember 2019 lalu di Brebes.

Jaringan Kuat

Berbicara soaln jaringan kuat, khususnya kerjasama luar negeri, yang dijadikan persyaratan khusus calon rektor, Atmo Tan Sidik, tak meragukan lagi. Apalagi jejak keilmuannya dan pengalaman kerjasamanya sudah dia ketahui cukup banyak.

Untuk keilmuannya, lanjut dia, sudah banyak buku dan hasil penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal berskala internasional. Karena itulah, dia sangat menyambut baik sosok tersebut.

”Agar lebih mantap lagi mengetahui perkembangan Pantura, saya sudah hadiahkan sebuah buku karangan Saya sendiri tentang, Sosiologi Pantura, berjudul ‘Dikendangi Wong Edan Aja Njoged’. Mudah-mudahan bisa memberikan pencerahan tentang Pantura,” ucap dia.

Sementara itu, Prof Dr Fakhrudin MPd, merupakan kelahiran Desa Linggapura, Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes, 27 April 1956. Dia juga cakap dibidang pengembangan vokasi. Terutama berkait penelitiannya di bidang pendidikan luar sekolah.

Dia pernah mengajar di Jurusan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sejak 1986. Sebelumnya lulus S1 di Jurusan Pendidikan Sosial IKIP Yogyakarta (1982).

Kemudian studi lanjut S2 di Magister Pendidikan Bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan IKIP Jakarta KPK IKIP Yogyakarta (1994). Sedangkan gelar doktornya diraih, di Program Doktoral PEP Universitas Negeri Jakarta.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA