Take a fresh look at your lifestyle.

LPMDPH Tanam 400 Tanaman Produktif

191

PEMALANG – Lembaga Pengembangan Masyarakat Desa dan Perlindungan Hutan (LPMDPH) dan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V serta masyarakat Desa Pegongsoran Kecamatan/Kabupaten Pemalang melakukan penanaman 400 tanaman produktif. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menuju kemandirian masyarakat dan untuk melindungi lingkungan khususnya di aliran sungai di daerah itu.

“LPMDP didirikan maksud dan tujuannya adalah untuk berperan aktif dalam pengembangan masyarakat desa menuju kemandirian melalui peningkatan kualitas sumberdaya masyarakat desa. Salah satu langkahnya yaitu mengelola potensi sumberdaya alam yang dimiliki dan perlindungan hutan menuju kelestarian produksi, sosial dan lingkungan,” ujar Sudirman, Koordinator kelompok jabatan fungsional Cabang Dinas Kehutanan wilyah V, baru baru ini.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh lembaga bersama koordinator penyuluh Cabang Dinas Kehutanan V serta Badan usaha milik desa Pegongsoran. Hal itu dilakukan sebagai wujud sinergitas lembaga untuk menanamkan rasa cinta masyarakat desa terhadap lingkungan yang dampaknya akan berpengaruh terhadap ekonomi di masa yang akan dating menuju kemandirian desa.
Kegiatan itu juga untuk melestarikan kondisi sungai yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk pertanian dan peternakan (kerbau) guna mendukung pengembangan wisata yang telah dirintis oleh Bumdes. Jenis tanaman yang ditanam antara lain, durian manga , nangka, alpukat dan jambu kristal. Masyarakat desa khususnya para petani sangat antusias terhadap program itu, karena ada harapan panen buah yang dapat meningkatkan pendapatan selain manfaat untuk lingkungan. Sebagai langkah menuju keberhasilan tanaman buah-buahan tersebut. Lembaga akan mendampingi masyarakat melalui pendataan dan pemantauan tanaman yang ditanam dari awal, berupa pendataan jumlah dan penerimanya serta pengukuran tinggi awal, seminggu setelah ditanam. Selanjutnya dimonitor perkembangan dan pertumbuhannya setiap tiga bulan atau sewaktu-waktu ada permasalahan di lapangan. Setiap kegiatan akan selalu dibuatkan Berita Acara sebagai bukti keseriusan untuk mendukung keberhasilan penanaman.

Nelly salah satu peserta mengatakan, sebagai komunitas peduli lingkungan komunitas World Clean up Day (WCD) Pemalang sangat mendukung aksi penanaman yang dilakukan oleh LPMPDH bersama Koordinator Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V. Harapannya tanaman yang sudah ditanam tersebut bisa memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Dampak positif yang dimaksud yaitu mampu mengurangi polusi udara, untuk mencegah kekeringan dan bencana longsor serta banjir. (Jokowi/red03)

BERITA LAINNYA