Take a fresh look at your lifestyle.

Longsor Jalan Galuhtimur-Kalipucung Makin Parah

230

BUMIAYU– Titik longsor di ruas jalan Galuhtimur-Kalipucung, Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong, Brebes, belum tertangani. Bahkan kondisinya semakin parah. Badan jalan sudah habis terbawa longsor.

Menyusul kondisi itu, warga bekerja bakti membuat jembatan darurat diatas titik longsor, Jumat (7/2). Penanganan sementara ini bertujuan agar pejalan kaki dan sepeda motor tetap bisa melintas.”Kita pasang jembatan kayu diatas titik longsor. Agar warga pejalan kaki tetap bisa lewat,” kata Sueb, salah seorang warga.

Longsor pertama kali terjadi pada Rabu (29/1). Titik longsor berada di di RT 01 RW 05 Dukuh Kalipucung. Di lokasi itu, badan jalan longsor sepanjang 15 meter. Kondisinya bertambah parah karena ada aliran mata air di titik longsor.

Jalan yang longsor itu merupakan satu satunya akses keluar masuk Dukuh Kalipucung. Ada sekitar 160 keluarga yang memanfaatkan jalur tersebut. Akibat longsor itu, warga pengguna sepeda motor yang hendak beraktivitas ke luar dukuh atau sebaliknya harus memutar lewat jalur lama. Yaitu jalan setapak melewati Jembatan KA Kalibelang.

Sekretaris Desa Galuhtimur Hajir mengatakan titik longsor sulit diatasi karena ada aliran mata air.”Untuk penanganan sementara, dibuat jembatan darurat di atas titik longsor,” katanya. Jembatan darurat dibangun untuk pejalan kaki dan sepeda motor.”Agar pengendara motor tidak lagi lewat Jembatan KA Kalibelang,” ujarnya.

Menurut dia, jalan yang putus tersebut bukan saja menjadi lalu lintas warga, tetapi juga akses menuju situs Candi Gagang Golok dan lahan calon lokasi pembangunan museum purbakala Situs Bumiayu. Adapun untuk penanganan permanen menunggu dari kabupaten.”Tentunya perlu kajian yang matang. Tidak bisa instan,” katanya.

Sebelumnya, Kades Galuhtimur Sobandi mempertimbangkan perlunya relokasi atau membangun jalan baru.”Pertimbangannya untuk jangka panjang. Kalau tidak direlokasi rawan putus karena ada aliran mata air dititik longsor,” kata dia.(Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA