Take a fresh look at your lifestyle.

Literasi Massal, 1.052 Siswa SMA 1 Bumiayu Baca Koran Suara Merdeka

223

BUMIAYU– Sebanyak 1.052 siswa SMA 1 Bumiayu, Brebes, mengikuti kegiatan literasi massal dengan membaca koran Suara Merdeka, Senin (4/11) kemarin.

Bagian dari rangkaian kegiatan ulang tahun sekolah ke 39 itu dipusatkan di lapangan basket sekolah. Dengan duduk lesehan, mereka membaca halaman perhalaman mulai dari berita nasional, olahraga, pendidikan, fokus Jateng hingga berita lokal se-ek Karesidenan Pekalongan.

Tak sekadar membaca, para siswa juga membuat resume berita atau artikel yang dimuat oleh koran yang meraih penghargaan sebagai media cetak terbaik berbahasa Indonesia itu.

Waka Kesiswaan SMA 1 Bumiayu Karyono Budi Leksono mengatakan, literasi massal diisi dengan membuat resume dari berita atau artikel yang dibaca siswa. Dalam lomba itu, siswa kelas XII membuat resume halaman tajuk rencana, siswa kelas XI meresume berita utama dan kelas X resume berita lokal.”Lomba ini melatih kemampuan siswa membaca dan menulis atau membuat resume. Penilaian dilakukan oleh tim dari guru bahasa Indonesia,” ujarnya.

Kepala SMA 1 Bumiayu Syamsul Maarif mengatakan literasi massal dilaksanakan dalam rangka HUT sekolah ke 39.”Bertepatan dengan momentum ulang tahun sekolah, kita bersama sama menjaga budaya literasi dengan membaca koran Suara Merdeka,” ujarnya. Menjaga literasi, kata Samsul, penting untuk dilakukan. Sebab, membaca merupakan jantungnya pendidikan.”Semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Membaca adalah landasan bagi semua proses belajar,” katanya.

Membaca koran, Samsul menambahkan, juga untuk mengingatkan siswa bahwa bahan bacaan tidak hanya buku pelajaran saja. Banyak sumber bacaan yang bisa menambah dan membuka cakrawala pengetahuan.”Kalau hanya mengandalkan buku pelajaran saja belum cukup. Siswa harus memperkaya informasi dari berbagai sumber bacaan, salah satunya koran,” paparnya.

Selain literasi massal, kegiatan lain HUT ke 39 SMA 1 Bumiayu diantaranya adalah sastrawan masuk sekolah, jalan sehat, bakti sosial, smansa market day. Band Ibukota Fourtwnty akan memungkasi kegiatan HUT sekolah pada 17 November mendatang.(Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA