Take a fresh look at your lifestyle.

Lima Tahun Lumpuh, Warga Tegal Baru Dapat Bantuan

237

TEGAL – Salah seorang warga Kota Tegal, tepatnya di RT 05/ RW X Kelurahan Margadana, hidup dalam keterbatasan, setelah mengalami lumpuh pada kedua kakinya sejak 2015 silam.

Dia adalah Warja (43), bapak dari dua anak yang baru-baru ini tersentuh untuk memperoleh bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal.

“Tim pengantar bantuan paket sembako lapor kepada kami bahwa ada warga yang lumpuh dan mengalami kesulitan untuk makan,” kata Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Margadana, Joko Margo Purnomo.

Laporan tersebut kemudian ditindaklanjuti dan sejumlah petugas mendatangi kediaman Warja. Didapati, dia tinggal pada rumah berukuran 3×4 meter bersama dua orang anaknya.

Kepada petugas, Warja mengaku tak lagi bisa mencari nafkah setelah mengalami kelumpuhan. Sang istri, justru pergi meninggalkan dan membiarkan kedua anaknya begitu saja.

“Saat ini putri sulung saya yang menggantikan posisi saya mencari nafkah. Karena saya tidak bisa lagi bekerja dan belum mendapat bantuan,” bebernya.

Dia mengaku, untuk kebutuhan sehari-hari hanya mengandalkan bantuan dari saudara dan tetangganya. Bahkan anak perempuanya Zeti (20) terpaksa bekerja dan meninggalkan dunia pendidikan, demi kelangsungan hidup keluarga.

Ihwal pengobatan, Warja telah menjalani proses pemeriksaan medis di dua rumah sakit pemerintah, RSUD Kardinah dan RSUP Kariadi, Semarang. Namun, karena keterbatasan biaya, dia tak bisa lagi melanjutkan pengobatan.

“Untuk makan sehari-hari saja masih mikir. Jadi BPJS saya biarkan menunggak,” singkatnya.

Sementara sang sulung, Zeti mengatakan tak bisa lagi bekerja semenjak pandemi merebak di Kota Tegal. Padahal, dalam sehari dia mampu mendapat penghasilan Rp 30 ribu.

“Kerja apa saja, asalkan itu halal. Bisa untuk makan kami bertiga,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Margadana, dr Wahidin menyampaikan, Warja mengalami lumpuh karena salah posisi saat mengangkat beban berat.

“Warja mengalami lumpuh karena salah posisi saat mengangkat barang berat saat bekerja,” terangnya. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA