Take a fresh look at your lifestyle.

Larangan Mudik, 625 Kendaraan Pemudik Diputar Balik Saat Masuk Jateng Lewat Brebes

164

BREBES – Sebanyak 625 kendaraan pemudik dari Jakarta yang akan pulang kampung ke beberapa kota di Jawa Tengah, telah diputar balik petugas saat masuk wilayah Kabupaten Brebes. Mereka diputar balik di posko penyekatan exit tol Pejagan dan posko penyekatan Kecipir, Losari, Brebes. Upaya itu dilakukan menyusul kebijakan larangan mudik yang diterapkan pemerintah, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus korona (covid-19).

Kasat Lantas Polres Brebes AKP Moch Adimas Purwonegoro Sugeng Eko mengatakan, sebanyak 625 kendaraan pemudik itu merupakan jumlah kendaraan yang diputar balik sejak diberlakukannya larangan mudik pada 24 April lalu. Kendaraan yang diputar balik itu merupakan jenis kendaraan umum (bus, travel) yang mengangkut pemudik, mobil pribadi dan sepeda motor.

“Hingga hari ini, (kemarin-red) totalnya sudah ada 625 kendaraan yang kami putar balik. Rinciannya  sebanyak 365 kendaraan diputar balik di posko exit tol Pejagan dan 260 kendaraan diputar balik di pos Kecipir, Losari,” terangnya.

Dari jumlah kendaraan diputar balik itu, kata dia, paling banyak adalah mobil pribadi dan sepeda motor. Di pos exit tol Pejagan misalnya, petugas telah memutar balik sebanyak  388 unit mobil pribadi pemudik. Kemudian di pos Kecipir, sebanyak 181 kendaraan pribadi dan 80 sepeda motor pemudik. “Di lapangan, petugas kami terus memberikan imbauan, agar warga tidak mudik,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan,  hingga saat ini penerapan putar balik kendaraan pemudik masih bersifat himbauan. Pihaknya juga masih menunggu instruksi dari Polda Jawa Tengah (Jateng) terkait proses penyekatan kendaraan yang akan mudik tersebut. “Tindakan kami saat ini sifatnya masih sebatas himbauan, tapi kita tetap masih menunggu instruksi dari Polda. Jadi, kami kepada kendaraan yang hendak mudik hanya mengimbau untuk putar balik,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA