Take a fresh look at your lifestyle.

Lanjutan Proyek Jalingkut Telan Anggaran Rp 295 M

191

BREBES – Proyek Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Tegal-Brebes yang rencananya akan dilanjutkan tahun depan, bakal menelan anggaran sebesar Rp 295 miliar. Kebutuhan anggaran itu kini telah dialokasikan pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kelanjutan proyek yang sempat mangkrak selama 6 tahun tersebut ditargetkan selesai pada 2021 mendatang.

“Untuk kelanjutan proyek Jalingkut ini, pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran Rp 295 miliar. Bahkan, dalam dua minggu ini proses lelang pekerjaan akan mulai dilaksanakan di pusat,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes, Satibi, Senin (12/8).

Seperti diberitkan sebelumnya, proyek Jalingkut yang menghubungkan Kabupaten Brebes dengan Kota Tegal, dipastikan akan dilanjutkan di tahun 2020 mendatang. Proyek pembangunan jalan sepanjang 17,005 kilometer itu, akan dilanjutkan pembangunannya oleh pemerintah pusat setelah sudah 6 tahun lebih mangkrak. Proyek jalingkut itu kali pertama dimulai pembangunannya di tahun 2010 lalu dengan total anggaran sebesar Rp 205 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari APBN sebesar 30 persen dan sisanya 70 persen dari bantuan luar negeri (Loan World Bank-red). Proyek yang dilaksanakan PT Bumirejdo itu sesuai rencana awal ditargetkan selesai pada September 2012, tetapi malah berhenti di tahun 2013 saat proses pembangunan baru mencapai 48 persen. PT Bumiredjo selaku kontraktor menghentikan pekerjaan karena pemerintah tidak membayar selam dua bulan. Sementara World Bank sudah menghentikan kerjasamanya dalam proyek tersebut, hingga akhirnya persoalan itu sampai ke jalur hukum.

Satibi mengungkapkan, sesuai rencana proyek itu dilaksanakan secara multiyears selama tiga tahun dengan sumber anggaran APBN. Bahkan, pekerjaan fisik proyek itu akan dipercepat, yang semula diperkirakan dimulai tahun 2020, tetapi akan dilaksanakan di tahun 2019 sekitar bulan Oktober. “Informasi terakhir yang kami terima, Oktober ini pekerjaan fisik untuk kelanjutan pembangunan Jalingkut akan dimulai. Kemarin, tim Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional sudah datang ke kami untuk berkoordinasi dan akan segera mulai melakukan survai lapangan,” ungkapnya.

(Setiawan/Red2)

BERITA LAINNYA