Take a fresh look at your lifestyle.

Lagi Waspada Covid-19, Ratusan Rumah di Kelurahan Ini Malah Terendam Banjir

207

BREBES – Di saat mewabahnya virus korona (Covid-19), ratusan rumah di Kelurahan Limbangan Kulon, Kecamatan/ Kabupaten Brebes malah terendam banjir, Selasa (21/4). Banjir menerjang pemukiman warga akibat meluapnya Sungai Sigeleng, setelah hujan deras mengguyur wilayah Kota Bawang. Keadaan ini membuat warga semakin terpuruk.

Pantauan di lapangan, air luapan Sungai Sigeleng itu mulai masuk ke pemukiman warga sejak pagi hari. Sejumlah ruas jalan di wilayah tersebut juga ikut terendam banjir. Ketinggian air rata-rata mencapai 50 sentimeter. Bahkan, warga juga terpaksa menutup beberapa ruas jalan kampung karena tergenang banjir dan tidak bisa dilalui kendaraan. “Banjir ini akibat Sungai Sigeleng meluap. Air mulai masuk tadi pagi, sekitar pukul 05.30,” kata Duladi (47), salah seorang warga Kelurahan Limbangan Kulon.

Menurut dia, ada sebanyak 14 Rukun Tetangga (RT) di kelurahannya yang terendam banjir. Kondisi itu membuat warga makin resah karena saat ini tengah dilanda mewabahnya virus korona. “Kalau rumah yang terendam ada ratusan. Ini juga membuat kami semakin terpuruk. Di saat ada virus korona, kami juga terkena bencana banjir,” ujarnya.

Siti Mahnun (54), warga lainnya mengatakan, selain karena Sungai Sigeleng meluap, banjir terjadi juga dipicu saluran drainase di wilayahnya rusak dan tidak lancar. Untuk itu, warga meminta agar saluran drainase segera diperbaiki. Sebab, wilayahnya selalu menjadi langganan banjir saat musim penghujan. Bahkan, banjir sudah dialami sejak puluhan tahun lalu, tetapi belum ada penanganan serius dari Pemkab Brebes. “Kami meminta masalah banjir ini segera ditangani pemerintah,” tandasnya.

Kepala Kelurahan Limbangan Kulon, Arba Setianto mengatakan, banjir memang menjadi persoalan serius di wilayahnya. Pihaknya prihatin dengan kondisi yang dialami warganya. Itu karena di saat warga harus waspada terhadap pendemi virus korona, tetapi mereka juga dilanda bencana banjir. “Tadi, kami bersama warga langsung cek lokasi untuk mencari pemincu utama banjir ini. Selanjutnya, kami akan mengusulkan ke Pemkab Brebes agar segera ditangani,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA