Take a fresh look at your lifestyle.

Laga Lanjutan Persab Vs PPSM Digelar Tanpa Penonton

186
  • Imbas Kerusuhan Suporter

BREBES –  Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jateng memutuskan, pertandingan lanjutan antara Persab Brebes melawan PPSM Magelang, dalam kompetisi Liga 3 Regional Jateng, digelar tanpa dihadiri suproter maupun penonton, Rabu (31/7), di Stadion Karangbirahi Brebes. Laga kedua kesebelasan itu sebelumnya ditunda wasit pada awal babak kedua, menyusul adanya kerusuhan antara suproter di Stadion Karangbirahi Brebes, Minggu (21/7) lalu.

“Sesuai surat keputusan Asprov PSSI Jateng yang telah kami terima, pertandingan antara Persab dengan PPSM Magelang yang dihentikan wasit akan dilanjutkan pada Rabu (31/7) besok, di Stadion Karangbirahi Brebes. Namun dalam laga lanjutan ini tidak boleh dihadiri penonton, termasuk para suporter,” ungkap Ketua Persab Brebes, Heri Fitriansyah, Senin (29/7).

Dia mengatakan, Asprov PSSI Jateng memutuskan pertandingan lanjutan antara Persab dan PPSM Magelang, melalui surat keputusan bernomor 191/PSSI-JTG/VII/2019 tanggal 28 Juli 2019. Dalam surat yang ditandatangani Sekretaris Asprov PSSI Jateng Purwidyastanto itu, laga lanjutan selain dilaksanakan tanpa penonton, juga dilaksanakan dengan pemain sesuai kondisi pada saat pertandingan diputuskan ditunda. Kemudian, seluruh kartu yang diberikan sebelum pertandingan diputuskan ditunda tetap berlaku untuk sisa waktu pertandingan yang dilanjutkan. Jumlah pergantian Pemain harus sesuai dengan kondisi pada saat pertandingan diputuskan ditunda dan pertandingan harus dimulai kembali di kondisi yang sama pada saat pertandingan diputuskan ditunda. “Sesuai surat keputusan ini, pertandingan akan digelar di Stadion Karangbirahi mulai pukul 15.30. Adapun waktu pertandingan yang akan dilaksanakan masih sekitar 43 menit, karena pertandingan dihentikan wasit pada menit ke-47 babak kedua,” terangnya.

Atas keputusan Asprov PSSI Jateng itu, lanjut dia, timnya siap melaksanakan. Termasuk, patuh terhadap aturan yang ditetapkan PSSI tersebut. “Yang jelas tim kami siap melanjutkan pertandingan ini. Apalagi tim kami juga dalam posisi unggul 1-0,” tandasnya.

Terpisah, Manajer Persab Brebes, Bambang Purwanto juga menyatakan siap melaksanakan laga lanjutan tersebut. Menurut dia, para pemainnya kini telah siap untuk menghadapinya. “Siap tidak siap, tim kami tetap siap dengan pertandingan lanjutan ini,” tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sesuai surat keputusan Asprov PSSI Jateng, pertandingan lanjutan itu memang tidak boleh ada penonton atau suporter. Hal itu tidak masalah bagi timnya. Bahkan, saat ini para pemain yang sebelumnya diterjunkan dalam menghadapi PSSM Magelang juga dalam kondisi fit. Sebab, saat melawan Pesak Kebumen Minggu (28/7), di Stadion Karangbirahi Brebes, mereka segaja tidak diturunkan. “Ini kami lakukan guna mengantisipasi munculnya pertandingan lanjutan, dan ternyata apa yang prediksi kami benar,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Seperti diberitakan sebelumnya, Laga Persab Brebes melawan PPSM Magelang dalam kompetisi liga 3 Jateng, di Stadion Karangbirahi Brebes, berakhir rusuh, Minggu sore (21/7). Kerusuhan terjadi akibat suporter kedua kesebelasan berlibat tawuran. Mereka saling serang dengan leparan batu saat pertandingan masih berlangsung.  Dalam kejadian itu, belasan suporter di kedua belah pihak mengalami
luka-luka karena terkena lemparan batu. Empat orang suporter terpaksa dilarikan ke RSUD Brebes karena mengalami luka cukup parah di bagian kepala.

Selain itu, sejumlah fasilitas di dalam stadion juga rusak akibat amukan suporter PPSM Magelang. Sejumlah kac di dalam stadion pecah karena terkena lemparan batu. Sementara di luar stadion, beberapa mobil yang terpakir juga rusak karena terkena lemparan bantu, termasuk bus tim Persab Brebes. Kerusuhan itu terjadi saat pertandingan memasuki babak kedua. Hasil pertandingan saat itu, sementara Persab unggul 1-0 atas tamunya PPSM Magelang. Atas keadaan tersebut pertandingan akhirnya dihentikan wasit.

(Setiawan/ red38)

BERITA LAINNYA