Take a fresh look at your lifestyle.

Komisi II Minta Dinkes Fasilitasi Santri Rapid Test

169

TEGAL – Dinas Kesehatan Kota Tegal diminta memfasilitasi santri dalam mendapatkan surat keterangan sehat hingga rapid test gratis, untuk digunakan saat kembali ke Pondok Pesantren (Ponpes). Ini mengemuka, saat Komisi II DPRD menggelar rapat bersama Dinkes setempat, Senin (15/6) siang.

Ketua Komisi II DPRD Kota Tegal, H Anshori Fakih mengemukakan, beberapa daerah di Indonesia menerapkan persyaratan bagi warga pada masa new normal. Salah satunya, dengan surat keterangan sehat, sehingga mereka bisa masuk ke daerah yang dituju.

Disisi lain, warga Kota Tegal banyak yang menjadi santri, mahasiswa dan bekerja di daerah yang menerapkan kebijakan itu. Karenanya, Komisi II mendorong agar Dinkes dapat memfasilitasi para santri, mahasiswa untuk bisa mendapatkan surat keterangan sehat dengan rapid test, sehingga mereka bisa kembali ke tempat mereka belajar atau bekerja.

“Kami berharap agar santri, mahasiswa maupun siswa yang bersekolah di luar kota difasilitasi pembuatan surat keterangan sehat. Termasuk rapid test khusus santri, mahasiswa dan pelajar bisa digratiskan,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari mengatakan, surat keterangan sehat digunakan untuk melengkapi persyaratan mendapatkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Semua warga Kota Tegal bisa mendapatkannya secara gratis.

“Masyarakat Kota Tegal bisa mendapatkan surat keterangan sehat secara gratis,” kata Prima.

Adapun persyaratannya, warga yang membutuhkan datang ke Kantor Dinas Kesehatan dan menunjukan Kartu Keluarga (KK) atau kartu identitas serta surat keterangan cuti. Jika mereka sehat, maka akan dilanjutkan dengan pelaksanaan rapid test di lokasi yang direkomendasikan.

“Sedangkan kalau menunjukan gejala sakit maka akan dirujuk ke fasilitas kesehatan,” ujarnya. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA