Take a fresh look at your lifestyle.

Kementan Siap Kucurkan Dana Pengembangan Pertanian Terpadu di Brebes

- Tim Survey Data Kebutuhan Sarana dan Prasarana

167

BREBES – Tim Kementerian Pertanian (Kementan) RI melakukan survey lapangan langsung untuk mendapatkan data valid kebutuhan sarana dan prasarana pertanian di Kabupaten Brebes, kemarin. Hal itu dilakukan terkait rencana akan digelontorkannya dana pengembangan pertanian terpadu di Kabupaten Brebes dari Kementan.

Tim Survei yang dipimpin Kabag Perencanaan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementrian Pertanian, Gunawan. Mereka diterima langsung Bupati Brebes Idza Priyanti di pendapa kabupaten. Tim rencananya akan bekerja selama dua hari, untuk mendata secara langsung sesuai dengan usulan yang telah masuk ke Dirjen Prasaran dan Sarana Pertanian (PSP).

Kabag Perencanaan Dirjen PSP Kementrian Pertanian, Gunawan, kedatanganya beserta rombongan di Brebes merupakan perintah langsung dari Dirjen PSP Kementan Sarwo Edi. Survey dilakukan untuk mengidentifikasi lokasi dan kebutuhan pembiayaan. “Kami berupaya melihat langsung kesiapan, mendata kebutuhan sekaligus menentukan apa yang tepat untuk dikembangkan di Brebes,” ujarnya.

Menurut dia, apa yang nantinya dikembangkan adalah komoditas yang memiliki nilai jual tinggi, sekaligus mampu menjadi komoditas yang dapat di ekspor. Selain Brebes, ada sebanyak 300 kabupaten/ kota yang telah mengajukan ususlan dalam program tersebut. Namun, Brebes merupakan satu wilayah yang paling diutamakan. Mengingat, selama ini Brebes merupakan salah satu daerah penopang komoditas pertanian nasional, yakni tanaman bawang merah. Saat ini tim baru memulai survey dan mengidentifikasi daerah mana saja yang akan mendapatkan program tersebut. “Akan tetapi, bisa dipastikan Brebes adalah salah satu daerah yang akan mendapatkannya. Soal besaran dana yang akan digulirkan menunggu sesuai hasil pendataan. Ini karena besar kecilnya dana yang akan digelontorkan merujuk pada kebutuhan di lapangan,” jelasnya.

Sementara, Bupati Brebes Idza Priyanti SE mengatakan, kedatangan tim dari Kementan semoga makin merekatkan silaturahmi dan hasil dari pertemuan dapat memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat Kabupaten Brebes, khususnya di bidang Pertanian. Pihaknya berharap agar rencana pengembangan pertanian terpadu itu dapat secepatnya terealisir, sehingga masyarakat bisa secepatkan menikmati manfaatnya, dan mengangkat kesejahteraan Petani Brebes. “Kami berharap program ini bisa terealisasikan,” harap bupati.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA