Take a fresh look at your lifestyle.

Kawasan Siwatu Tegalsari Siap di Revitalisasi

148

TEGAL – Kawasan Siwatu Kelurahan Tegalsari, sudah siap untuk direvitalisasi. Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi saat menerima perwakilan Satker Pelaksanaan Prasarana Pemukiman wilayah I BPPW Provinsi Jawa Tengah, kemarin.

Jumadi menyampaikan, pihaknya sedang mempersiapkan solusi untuk kawasan kumuh Siwatu dan mempersiapkan apa-apa yang diperlukan. Seperti pembongkaran sitepal, penyiapan dana pengganti untuk masyarakat terdampak dan melaksanakan tender lelang proyek.

“Alhamdulilaah semua sudah terjadwal, kita siapkan apa saja yang diperlukan. Termasuk akhir bulan ini pihak Satker akan melaksanakan tender lelang proyek,” ujarnya.

Menurutnya, pada 2020 pelaksanaan proyek Siwatu, rencananya akan dimulai, dengan pembersihan dan  penataan kumuh Siwatu. Nantinya, pemukiman kumuh Siwatu akan membalik depan rumah masyarakat, yang sebelumnya membelakangi sungai, menjadi menghadapi sungai.

Tak hanya itu, Jumadi juga menyampaikan, nantinya saat proyek ini sudah selesai, sungai di Siwatu ini akan dijadikan Floating market.

“Tahun ini kita fokus untuk merapikan kawasannya sungainya, sekaligus rumah-rumahnya, dan tahun depan untuk pembangunan floating market. Jika lelang berjalan lancar, Oktober 2020 bisa dimulai pekerjaan, dengan menganggarkan sekitar Rp 27 Miliar bantuan dari Bank Dunia,” imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan Satker Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Wilayah I, BPPW Jateng, Singgih menyampaikan, pelaksanaan proyek di Siwatu sudah dimulai lama. Sejak akhir tahun 2016, baik secara administrasi maupun secara lapangan.

Setahap demi setahap, sambung dia, prosesnya sudah dilakukan secara baik. Adapun saat ini, seluruh dokumen, baik gambar, Detail Engineering Design sampai RAB sudah siap. Termasuk persetujuan dari Bank Dunia juga sudah keluar, sehingga akan ditindaklanjuti untuk pengusulan lelang.

“Mudah-mudahan proses lelangnya lancar, maksimal sampai dengan akhir bulan ini. Kemudian pada Oktober sudah bisa mulai action, dilapangan,” ucap Singgih. (hkl)

BERITA LAINNYA