Take a fresh look at your lifestyle.

Kapolres : Seluruh Anggota Harus Ikut Penanggulangan Bencana

185

KAJEN- Musim hujan dengan intensitas yang cukup tinggi kini melanda beberapa daerah di wilayah Kabupaten Pekalongan, yang kerap menimbulkan rawan bencana, seperti banjir atau longsor. Untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan, Jajaran Polres Pekalongan sebagai pelayan masyarakat diminta ambil bagian dalam upaya melakukan penyelamatan jika terjadi bencana alam di seluruh wilayah hukumnya.

“Seluruh anggota harus berpartisipasi, atau ikut dalam penanggulangan bencana di wilayah kerjanya,” kata Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, pada saat apel pagi di Halaman Mapolres setempat, kemarin.
Dia berharap agar jajarannya menjadi bagian dari penyelamatan dan penanggulangan bencana, mengingat saat ini intensitas hujan di wilayah Kabupaten Pekalongan semakin tinggi. Diperkirakan kondisi ini masih akan terus berlangsung hingga beberapa pekan ke depan.

“Kabupaten Pekalongan menjadi salah satu daerah yang memiliki cakupan wilayah cukup luas. Dengan adanya sejumlah pegunungan atau perbukitan serta aliran sungai dan tidak sedikit warga Pekalongan yang berdomisili atau mendirikan bangunan rumah di areal tersebut. Sehingga dimungkinkan terjadinya bencana,” ucapnya.

Kapolres Pekalongan mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan anggotanya bersama dengan anggota TNI dan BPBD Kabupaten Pekalongan untuk menjadi Tim Siaga Bencana. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi bencana banjir maupun tanah longsor anggota telah siap siaga menanggulanginya.

“Kepada seluruh anggota khususnya anggota Bhabinkamtibmas, saya meminta dalam musim penghujan ini anggota bisa menyampaikan kepada seluruh warga binaannya agar mewaspadai bencana baik banjir dan tanah longsor, karena hujan yang sudah turun beberapa hari terakhir dapat berpotensi menimbulkan bencana. Ingatkan kepada masyarakat yang desanya rawan banjir dan longsor agar terus meningkatkan kewaspadaan,”pesan Kapolres Pekalongan AKBP Aris. (Siti Masithoh/Red11)

BERITA LAINNYA