Take a fresh look at your lifestyle.

Kali Elon Meluap, Belasan Perahu Nelayan Hanyut

182

PEMALANG – Kali Elon yang bermuara di Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman meluap baru-baru ini. Luapan kali tersebut menggenangi permukiman di dekatnya dan merusak belasan perahu nelayan lantaran hanyut.

Bupati Junaedi mendatangi Desa Asemdoyong bersama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wahyu Sukarno Adi Prayitno, Senin (6/1). “Kami ke Asemdoyong untuk cek ke lokasi, melihat ada korban jiwa atau tidak, ini adalah tindakan penanganan pertama apabila terjadi bencana alam,”kata Bupati.

Dia menjelaskan dalam bencana meluapnya Kali Elon tidak terdapat korban jiwa. Adapun korban harta benda kata dia dari 800 perahu nelayan terdapat ada 14 yang rusak, kemudian tiga perahu belum diketahui keberadaannya setelah hanyut.

Jajarannya kata dia masih mengumpulkan data ril selanjutnya BPBD koordinasi dengan BPBD Provinsi dan BNPB. “Korban bencana ini akan didata untuk dilaporkan ke Gubernur Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten akan memberi bantuan stimulan untuk korban bencana,”ujarnya.

Kepala Desa (Kades) Asemdoyong Yusup Mujadi mengatakan sampai kemarin ada empat perahu nelayan yang hanyut akibat banjir Kali Elon. “Satu perahu sudah diketahui keberadaannya dan tiga perahu lainnya belum diketahui,”kata Kades. Sementara perahu yang sudah diketahui keberadaannya saat ini masih dalam proses evakuasi.

Kades menjelaskan banjir terjadi pada Sabtu pukul 01.00 dengan ketinggian air di tepi sungai mencapai satu meter. Untuk wilayah Asemdoyong sebelah barat air masuk ke permukiman dan rumah warga hingga ketinggian setengah meter. Namun demikian sekitar pukul 04.00 air sudah surut.(Ali Basarah)

 

BERITA LAINNYA