Take a fresh look at your lifestyle.

Jumlah Pemudik Tembus 73 Ribu

259

PEMALANG – Jumlah pemudik yang masuk ke Kabupaten Pemalang sampai dengan Minggu (26/4) menembus angka 73.982 orang. Juru bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Tutuko Raharjo mengatakan jumlah tersebut diperoleh dari laporan pemerintah desa.

 

“Ada lonjakan jumlah pemudik yang masuk ke Pemalang, pada akhir pekan yaitu Kamis mencapai sebanyak 3.500 orang dan Jumat mencapai 5.900,”kata Tutuko, kemarin.

 

Menurut dia di Posko Desa petugas mencatat pemudik yang melapor kemudian melakukan skrining awal dan pendataan.”Pemerintah desa juga melakukan edukasi untuk isolasi mandiri bagi para pemudik,”ujar Tutuko.

 

Sementara itu saat petugas mendata pemudik juga meminta agar mereka taat terhadap protokol kesehatan. Dengan demikian harapannya pandemi Covid-19 di Pemalang tidak berkembang meskipun banyak pemudik pulang.

 

Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam menangani Covid-19 ini selain memberdayakan posko di desa juga mendirikan pos pantau di perbatasan. Pos-pos skrining terbatas tersebut dibangun di perbatasan-perbatasan Pemalang sebanyak sembilan pos yang didirikan antara lain Lawangrejo, Pagaran, Terminal , Ampelgading, Ulujami, Kesesi, Warungpring, Belik.

 

Sementara itu Data Pantauan Covid-19 masih menunjukkan kenaikan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di mana pada Sabtu (25/4) mencapai sebanyak 56 orang namun pada Minggu kemarin sudah 60 orang. Dari jumlah itu 26 dalam pengawasan, 26 selesai pengawasan dan delapan orang meninggal dunia.

 

PDP yang meninggal dunia terbaru adalah laki-laki usia 60 tahun warga Desa Kejene, Kecamatan Randudongkal. Dia dimakamkan Sabtu pagi. Yang bersangkutan baru pulang dari Jakarta kurang dari 24 jam dan sempat dilarikan di rumah sakit di Randudongkal.

 

Adapun pasien postif korona tidak mengalami perubahan angka hingga satu pekan ini. Jumlahnya masih 15 di mana sembuh baru dua orang. Sedangkan Orang Dalam Pemantauam (ODP) yang mencapai sebanyak 2.494 sudah selesai dipantau sebanyak 2.183 sehingga tersisa 311 orang yang masih dipantau.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA