Take a fresh look at your lifestyle.

Jembatan Rambatan di Larangan Putus Diterjang Banjir

BREBES, smpantura.com – Jembatan Sungai Rambatan di Desa Kamal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, putus diterjang banjir, Kamis sore (13/1/2022). Akibat kejadian ini, akses warga putus total, dan harus memutar untuk menuju pusat ibukota kecamatan.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kondisi jembatan itu sebelumnya memang sudah memprihatinkan. Badan jembatan kondisinya sudah patah. Saat hujan deras mengguyur dan debit air meluap, sekitar pukul 16.00, jembatan akhirnya putus.

“Jembatan ini putus sekitar pukul 16.00. Sebelum kejadian, hujan memang turun sangat deras hingga debit air sungai meluap,” ujar Entang, Tim TSR PMI Kabupaten Brebes, dalam laporannya, kemarin.

Dia mengatakan, jembatan tersebut merupakan penghubung antara Desa Kamal dan Desa Pamulian, Kecamatan Larangan. Akibat jembatan putus, aktifitas warga Desa Kamal lumpuh. Mereka harus menempuh jarak yang memutar, bahkan harus melalui kecamatan tetangga untuk menuju pusat ibukota kecamatan. “Kalau mau ke pusat pemerintahan, warga terpakas harus memutar melalui Desa Sindangjaya, Kecamatan Ketanggungan,” ungkapnya.

Sementara Camat Larangan, Eko Supriyanto mengatakan, atas bencana alam itu, pihaknya sudah koordinasikan dengan Dinas Perhubungan dan sudah dilakukan asesmen. Yakni, melakukan penutupan akses dan pemasangan rambu petunjuk jalan alternatif. “Untuk penanganan, saya sudah berkoordinasikan dengan DPU Brebes. Alhamdulillah telah dianggarkan Rp 1 miliar melalui APBD Kabupaten Brebes tahun ini untuk pemeliharaan jembatan,” pungkasnya. (T07-red)

BERITA LAINNYA