Take a fresh look at your lifestyle.

Irigasi Ambruk, Petani di Kalinusu Terancam Gagal Panen

189

BUMIAYU– Petani di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Brebes, terancam gagal panen karena bangunan irigasi talang yang mengalirkan air ke sawah mereka ambruk.

“Bangunan irigasi ambruk pada Kamis (8/8) sore. Tidak ada angin tidak ada hujan, mendadak ambruk begitu saja,” kata Irsad, salah seorang petani.

Akibat kerusakan saluran irigasi itu, ratusan hektare sawah tidak terairi. Padahal kondisi tanaman baru berumur dua minggu.”Kalau tidak segera diatasi, tanaman padi bisa mati. Bisa gagal panen,” kata Irsad. Dia berharap kerusakan saluran irigasi tersebut dapat segera ditanggulangi. Sebab, dengan terganggunya pengairan dan ditambah cuaca kemarau, potensi gagal panen sangat besar.

Perangkat Desa Kalinusu Sugiarto mengatakan, bangunan irigasi yang ambruk itu dibangun tahun 2017.”Ada sekitar 200 hektare sawah yang terdampak. Tidak terairi,” ujarnya. Untuk mencegah gagal panen, lanjut Sugiarto, penanganan darurat akan segera dilakukan. Rencananya, bagian saluran air yang ambruk akan diganti sementara dengan drum.”Kami berharap perbaikan permanen dapat diprioritaskan di tahun 2020,” ujarnya.

Kepala UPTD Pengairan Wilayah Pemali Hulu Rozikin membenarkan kerusakan talang irigasi tersebut.”Kami sudah cek lapangan dan melaporkan ke pimpinan,” kata dia. Menurut dia, penanganan darurat akan segera dilakukan bersama petani.(Teguh Tribowo/ Red38)

BERITA LAINNYA