Take a fresh look at your lifestyle.

IPSI Brebes Gembleng Puluhan Wasit dan Juri Silat

316

BREBES – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Brebes mengembleng puluhan wasit dan juri silat dalam penataran tingkat kabupaten, kemarin. Kegiatan yang digelar Islamic Center Brebes itu, dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya perangkat pertandingan pencak silat.

Katua Umum IPSI Brebes, dr Umar Utoyo melalui Ketua Hariannya M Hilal Syafaqi mengatakan, penataran wasit dan juri silat itu diikuti sebanyak 32 orang. Mereka terdiri dari, 5 orang perempuan dan 27 orang laki-laki dari 10 perguruan pencak silat yang terdaftar di IPSI Brebes. Sedangkan untuk nara sumber, pihaknya mendatangkan emapt orang. Yakni, Kadarisman yang merupakan wasit Internasional dari Pengprov Jateng. Kemudian, Legowo, Riyanto dan Dedi Slamet Mulyadi. Ketiganya merupakan wasit daerah dari Pengkab IPSI Brebes.

“Kegiatan ini kami gelar sebagai upaya peningkatan kualitas pertandingan pencak silat. Untuk itu, kami perlu meningkatkan pula sumber daya perangkat pertandingan, yakni wasit dan juri yang memimpin pertandingan,” ujarnya.

Menurut dia, peningkatan kualitas SDM wasit juri ini diharapkan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pertandingan dan atlit yang didapat dari hasil pertandingan, juga akan semakin membaik. Sehingga, muaranya bisa meningkatkan prestasi pencak silat di Kabupaten Brebes. “Melalui penatarannini, kami juga ingin mewujudkan wasit dan juri yang jujur, adil, berwibawa dan professional, beretika, serta bertanggung jawab dalam memimpin pertandingan,” tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, ajang tersebut juga sebagai sarana mensosialisasikan peraturan pertandingan serta pedoman wasit dan juri pencak silat agar lebih dipahami dan dimengerti bagi para pihak yang secara langsung berkaitan dengan pelaksanaan pertandingan. Di sisi lain, untuk mempersiapkan wasit juri yang berintegritas tinggi sebagai bagian perangkat pertandingan untuk lebih memahami dan menguasai tata cara dan kegiatan pertandingan pada lingkup IPSI Brebes. “Jadi, kami harapkan wasit dan juri di Brebes juga memahami dan mengerti aturan,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA