Take a fresh look at your lifestyle.

Inilah Sapi Qurban Terbesar di Tegal, Berat 1.4 Ton

407

ADIWERNA – Sapi Simental ini, diklaim menjadi sapi kurban terbesar di wilayah Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. Beratnya mencapai 1,4 ton. Sapi ini dibeli oleh sejumlah warga RT 17 RW 03 Desa Tembok Kidul, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. Mereka membelinya di Jawa Timur. Harganya cukup fantastis, yakni Rp 110 juta. Sapi itu dikurbankan untuk sejumlah warga di wilayah Kecamatan Adiwerna dan lainnya.

“Sepertinya sapi kurban ini yang terbesar,” kata Ketua Pengurus Masjid Al Haq, Desa Tembok Kidul, Abdul Ghofir, di sela-sela pembagian daging kurban, Minggu (11/8).

Selain sapi itu, lanjut Abdul Ghofir, warga di lingkungan RT 17 RW 03 juga berkurban sapi yang hampir sama tonasenya. Diantaranya, 1,2 ton, dan lainnya 1 ton. Total sapi yang dikurbankan sebanyak 11 ekor. Sedangkan kambingnya, 5 ekor. Menurut Ghofir, kurban di Hari Raya Idul Adha tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kalau tahun lalu, sapinya cuma tujuh. Kalau kambingnya juga sama,” ujarnya.

Dia menyebut, di lingkungan RT 17, jumlah Kepala Keluarga (KK) nya sebanyak 60. Sedangkan yang berkurban, hampir 100 persen. Mereka ada yang berkurban secara komunitas, ada pula yang sendiri. “Penduduk di sini rata-rata pengusaha konveksi,” terangnya. (Wiwit/red05)

BERITA LAINNYA