Take a fresh look at your lifestyle.

HIPMI Brebes Minta Pemkab Pertahankan KIB

441

BUMIAYU- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Brebes meminta pemkab proaktif melobi pusat untuk mempertahankan Kawasan Industri Brebes (KIB).

Hal ini menyusul rencana Menteri BUMN Erick Tohir yang akan menggeser KIB ke Kabupaten Batang.”Kalau KIB sampai digeser, kita (Brebes) akan kehilangan kesempatan emas untuk menyerap ribuan tenaga kerja. Adanya KIB, ekonomi akan meningkatkan, IPM juga naik,” kata Sekretaris Umum Bpc HIPMI Kabupaten Brebes Jefry Arsya Robby, kemarin.

Bpc Hipmi Kabupaten Brebes sendiri, kata Jefry, secara tegas menolak rencana pemindahan KIB. Sebab, hal itu bertentangan dengan Perpres No 79 Tahun 2019 yang mana Program Pemerintah Pusat Presiden Jokowi sudah menetapkan Brebes sebagai Kawasan Industri Brebes.”Pemkab harus bisa memastikan pemerintah pusat bahwa tidak ada kendala dalam pembangunan KIB,” ujarnya.

Pada bagian yang lain, Hipmi berharap pemerataan KIB bukan hanya terpusat di Brebes bagian utara tapi juga di Brebes bagian selatan. Jefry menuturkan, di wilayah selatan banyak lahan milik Pemkab yang bisa dijadikan untuk industri. Salah satunya Maribaya di Kecamatan Bumiayu.”Agar seluruh masyarakat Kabupaten Brebes bisa merasakan dampak positif adanya Kawasan Industri Brebes,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekda Kabupaten Brebes Djoko Gunawan optimistis jika kawasan industri tetap di Brebes karena sudah masuk dalam Kepres 79 tahun 2019. Dia menegaskan, tahapan KIB seperti penyusunan masterplan, tindaklanjut Amdal dan studi kelayakan masih berjalan sesuai rencana.(Teguh Tribowo/red38)

BERITA LAINNYA