Take a fresh look at your lifestyle.

Hasil Swab Kedua, 13 Orang Negatif dan 2 Lainnya Masih Positif

BREBES – Dari sebanyak 17 orang di Kabupaten Brebes yang semula dinyatakan positif, setelah dilakukan pemeriksaan swab tahap kedua, diketahui 13 orang di antaranya hasilnya negatif. Sedangkan dua orang lain hasilnya masih positif dan dua orang lagi harus melakukan pemeriksaan swab ulang.

“Hari ini hasil swab tahap kedua dari 17 warga Brebea yang positif sudah keluar. Hasilnya, 13 orang negatif, 2 orang masih positif dan 2 orang lagi mengulang swab,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes, dr Sartono, Selasa (12/5).

Dia menjelaskan, dari sebanyak 13 orang yang hasil swab keduanya negatif tersebut, sebanyak 12 orang berasal dari klaster Itijma Gowa , Sulawesi Selatan. Kemudian, 1 orang berasal dari pemudik. “Kalau yang hasilnya masih positif 2 orang berasal dari klaster Itijma Gowa. Mereka semua saat ini kembali menjalani swab tahap ketiga. Ini untuk memastikan para pasien benar-benar sembut,” terangnya.

Menurut dia, untuk menyatakan seorang pasien positif Covid-19 sembuh, harus dua kali dari hasil swabnya negatif. Ketika itu terpenuhi, pasien akan dinyatakan sembuh dan boleh pulang. Namun mereka tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya. “Semua pasien ini sudah kami ambil sample swab tahap ketiga dan akan dikirim ke Semarang hari ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dari 17 pasien itu, sebanyam 16 orang dikarantina di RSUD Brebes dan seorang di RSUD Bumiayu. Atas hasil swab tahap kedua tersebut, 12 orang akan dipindah ke Islamic Center. Kemudian, untuk 2 pasien yang masih positif tetap di RSUD Brebes. Termasuk, 2 pasien lain yang harus mengulang swab. Sementara untuk 1 orang dikarantina di RSUD Bumiayu. “Kalau 2 orang yang harus menggulamg swab ini, diduga karena ada kesalahan. Sehingga harus diulang,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA